Satu Orang PDP di Jombang Positif Covid-19

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno. (SP/M. Yusuf)

 

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, bertambah satu orang. Pasien tersebut berasal dari Kecamatan Ploso berjenis kelamin laki-laki dengan usia 35 tahun.

Sebelumnya, pasien Covid-19 tersebut merupakan pasien dalam pengawasan (PDP) dan di isolasi di RSUD Jombang mulai Jumat, (01/5/2020).

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Jombang, Budi Winarno membenarkan, bahwa pasien positif Covid-19 terbaru asal Kecamatan Ploso yang merupakan tenaga medis yang bertugas di Surabaya.

"Seorang pria berusia 35 tahun. Status sebelumnya PDP. Masuk ke RSUD Jombang pada Jumat, (01/5) karena sesak nafas. Ia dirawat di ruang isolasi rumah sakit," ujarnya, saat dikonfirmasi, Kamis (07/5/2020).

Budi menjelaskan, tim medis melakukan rapid test pada pasien dan hasilnya reaktif. Kemudian langsung dilakukan tes swab. Hasilnya baru keluar tadi siang dengan hasil positif Covid-19.

"Dari pasien dalam pengawasan kemudian hasil swab keluar terkinfirmasi positif. Sekitar pukul 11.30 WIB. Sehari-hari, pasien ini merupakan seorang tenaga medis di Surabaya. Tapi tidak masuk dalam klaster manapun," jelasnya.

Lebih lanjut Budi menerangkan, jika saat ini secara klinis pasien kondisinya sehat. Namun saat ini sedang menjalani isolasi di RSUD Jombang. "Sambil menunggu swab kedua," pungkasnya.

Secara kumulatif, total pasien positif Covid-19 di Kabupaten Jombang ada sembilan kasus. Dan satu orang asal Kecamatan Diwek, jenis kelamin laki-laki, usia 58 tahun, dinyatakan sembuh total. Karena dua kali hasil swab negatif.suf