'Saya hanya ingin Sharing Dampak Corona'

Pelaku diapit petugas saat rilis di Mapolrestabes Surabaya. SP/jemmi

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Pelaku penggunggah video dokter gigi telanjang beberapa waktu lalu yang viral di media sosial diringkus Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya. Pelaku berinisial PN (Phillipus Nove) 36 tahun warga Perumahan Taman Ratu Kelurahan Duri Kepa Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini dibekuk Resmob Polrestabes Surabaya di rumahnya.

Lewat akun twiter bernama @Filipus_Nove, ia memosting video tersebut pada tanggal 9 Juni 2020, dengan caption kalimat yang tidak sesuai kenyataan. Dalam postinagn tersebut berisi "Ini dokter gigi di srby...Suaminya ama anak nya mati kena covid..," tulisnya.

Pada kenyataannya, suami dan anaknya masih dalam keadaan hidup dan sehat, disertai dengan video yang memillki muatan melanggar kesusilaan atau pornografi.

Setelah diamankan, pelaku mengaku hanya ingin sharing informasi mengenai dampak covid 19. Namun, ia menyesal lantaran mengupload video tersebut tanpa menyensor tubuh dokter itu.

"Saya tidak kenal dengan korban dan belum pernah ketemu. Saya meminta maaf dengan keluarga korban lewat pemberitaan ini. Saya menyesal pak," aku singkat pelaku di Mapolrestabes Surabaya.

Ditempat yang sama, Kanit Resmob Iptu Arief Rizky mengatakan, pelaku dapat diamankan anggota setelah melalui penyelidikan tim IT Polrestabes Surabaya.

"Tujuannya hanya sharing terkait info yang didapat namum belum tahu info itu valid atau tidak, dia dapat video dari teman lainnya. Pelaku sendiri mengupload video itu dari Jakarta," sebut Arief Rizky, Selasa (7/7/2020).

Barang bukti yang telah disita dari pelaku ini berupa, 1 (satu) lembar print out capture tweet akun twiter Filipus @Filipus_Nove dan 1 (satu) unit handphone merk Asus warna putih type Z01BDB.

Diberitakan sebelumnya, Setelah Viral dibeberapa jejaring sosial, Polrestabes Surabaya memburu pengunggah video diduga dokter wanita telanjang karena depresi di wilayah Kenjeran, Surabaya.

Video wanita telanjang itu sendiri viral di media sosial seperti Twitter, Facebook dan WhatsApp. Dalam video tersebut memperlihatkan seorang wanita telanjang berdiri di atas kotak dan bersandar di tembok sekitar pintu gerbang gudang.

Video berdurasi 44 detik ini diunggah oleh akun twitter @filipus_nove pada 9 Juni 2020. Video ini memperlihatkan seorang perempuan telanjang sedang berdiri di atas bangku di depan sebuah tembok bangunan di pinggir jalan sebuah trotoar di Jalan Kenjeran, Surabaya. (jem)