•   Minggu, 19 Januari 2020
Kediri

Sepak Bola Api Buka Perayaan Hari Santri Nasional 2018 di Kota Kediri

( words)
Ketua Panitia Hari Santri Nasional 2018 Kota Kediri, Gus Melvin Zainul Azikin yang akrab disebut Gus Iing. FOTO: SP/DUCHANG


Angkat Tema Budaya Nusantara

SURABAYAPAGI.com, Kediri - Perwakilan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri bakal menggelar peringatan Hari Santri 2018. Peringatan tersebut mengangkat tema "Melestarikan Budaya Nusantara".

Tema Budaya Nusantara tersebut harapannya dapat mempertahankan budaya-budaya islami yang ada di Nusantara pada masyarakat Kota Kediri.

"Jadi Hari Santri Nasional ini sebenarnya setiap daerah memiliki tema sendiri-sendiri. Untuk jawa timur memiliki tema dedikasi negeri, sementara di Kota Kediri mengambil tema melestarikan budaya nusantara," ujar Ketua Panitia Hari Santri Nasional 2018 Kota Kediri, Gus Melvin Zainul Azikin yang akrab disebut Gus Iing, kemarin.

Lanjut Gus Iing, ia bersama ulama dan para santri tidak ingin masyarakat Kota Kediri lupa dengan budaya-budaya islami yang ada di Kota Kediri. Sehingga dengan kegiatan perayaan Hari Santri Nasional 2018 dapat menumbuhkan rasa cinta dan mengenal budaya islami yang ada di Nusantara.

"Hari santri ini dikhususkan untuk semua masyarakat. Seperti Hari Pahlawan, hari besar ini tidak dikhususkan hanya untuk pahlawan tapi untuk semua masyarakat, seperti halnya Hari Santri Nasional," katanya.

Menurutnya, perayaan Hari Santri Nasional ini tidak hanya bisa dinikmati santri namun juga masyarakat luas. Sebab makna santri yang begitu luas menjelaskan jika santri tidak hanya seseorang yang mengenyam ilmu agama di pondok pesantren.

Yang jelas semua itu bisa dikatakan santri jika selalu memegang teguh pada ajaran Nabi Muhamad SAW.

"Jadi peringatan Hari Santri Nasional ini adalah untuk mempertumbuhkan semangat kita pada peran para ulama dan santri yang turut serta mempertahankan kemerdekaan," tandas Gus Iing yang juga menjadi pengurus Pondok Pesantren Lirboyo.

Sejumlah perayaan Hari Santri Nasional 2018 di Kota Kediri bakal digelar di Muktamar Lirboyo, Kota Kediri. Sepak Bola Api yang akan digelar Rabu (18/10/2018) malam besok di Lapangan Muktamar menjadi pembuka perayaan Hari Santri Nasional 2018 Kota Kediri.

Selain sepak bola api, banyak acara juga digelar dalam perayaan tersebut.

Seperti pawai bedug dan pawai taaruf yang diikuti para siswa siswi madrasah diniyah yang ada di Kota Kediri, Futsal antar Gus yang diikuti 12 Pondok Pesantren, Seminar dalam bermedia sosial, Upacara Hari Santri Nasional, jalan sehat sarungan dan shalawat nariyah untuk keselamatan bangsa. Can

Berita Populer