•   Rabu, 18 September 2019
Sport Arena

Sepakbola Asian Games 2018, Polisi Lakukan Penjagaan Ketat

( words)
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian


SURABAYAPAGI.com - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memastikan bakal melakukan penjagaan ketat pada lokasi perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, khususnya cabang olahraga sepakbola. Sebab, ada potensi mendatangkan massa dalam jumlah besar. Dalam perencanaan sementara pihak kepolisian, setidaknya akan ada pengamanan dengan sistem tiga ring. Jumlah ini sama dengan yang diterapkan pada pembukaan dan penutupan Asian Games 2018.
"Seperti cabang sepakbola itu akan gunakan sistem ring 1 hingga ring 3. Tapi, kalau tempat itu yang massanya tidak banyak hanya ring 1 dan 2. Jadi fleksibel tergantung dari jenis olahraga dan jumlah pengunjungnya," kata Tito.
Terkait dengan pengamanan Asian Games 2018, Tito menuturkan, sebanyak 40 ribu personel gabungan TNI dan Polri akan terlibat langsung. Namun, masih ada 10 ribu personel yang sudah siap jika diperlukan untuk membantu.
"Untuk pengamanan terlibat langsung lebih kurang 40 ribu seluruhnya mulai di Jabar, Banten, Jakarta, dan Sumsel. Tapi kami miliki pasukan standby baik Polri dan TNI, ada pasukan lebih kurang 10 ribu dari polda sekitar," ujarnya.
Tito mengajak masyarakat untuk turut membantu kesuksesan Asian Games 2018. Karena bagaimanapun, hajatan ini mempertaruhkan nama baik bangsa Indonesia di mata dunia.
"Asian Games atas nama bangsa. Oleh karena itu, seluruh komponen semua bahu membahu jaga keamanan. Jangan ada peristiwa yang memalukan bangsa kita. Kita tidak boleh berkhianat kepada bangsa kita. Kalau bicara bangsa kita harus bersatu. Ini untuk kebanggaan dalam kancah dunia," tuturnya.

Berita Populer