•   Senin, 17 Februari 2020
Internasional

Serunya Menlu Retno 'Nyinden' Bareng Gadis Manis Rusia

( words)
Menlu Retno Marsudi nyinden bareng gadis Rusia


SURABAYAPAGI.com - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyempatkan diri meninjau kelompok gamelan dan sinden KBRI Moskow bernama Dadali Gamelan dalam kunjungannya ke Rusia.
Dalam beberapa tahun terakhir, budaya dan bahasa Indonesia memang semakin dikenal di Rusia. Grup Dadali Gamelan yang dibentuk sejak April 2017 lalu ini menjadi wadah bagi warga setempat yang ingin mengenal budaya Indonesia melalui musik tradisional Jawa.
Saat meninjau kelompok tersebut, Menlu Retno juga turut diajak menyinden bersama. Yulia Ryzhaya, salah satu anggota Dadali Gamelan sempat menyinden tembang Selendang Biru yang dilanjutkan Menlu Retno dengan menyinden Gugur Gunung.
"Pendekatan budaya dan hubungan antarmasyarakat adalah salah satu cara efektif untuk mempererat hubungan kedua negara," kata Retno sebagaimana rilis Kemlu RI, Rabu, 14 Maret 2018.
Saat ini peserta gamelan di KBRI Moskow berjumlah sekitar 44 orang terdiri dari 14 dewasa dan 26 anak-anak yang sebagian besar adalah warga Rusia.
Proses pembelajaran dibagi menjadi tiga kelas yaitu untuk anak-anak, pemula dan dewasa. Umumnya latihan gamelan di KBRI dilakukan sekitar tiga kali dalam seminggu setelah jam kerja.
Grup ini secara aktif ikut mempromosikan budaya Indonesia kepada masyarakat Rusia dengan berpartisipasi di berbagai acara budaya seperti Festival Indonesia dan beberapa acara budaya lain yakni Hari Indonesia di Kazan, Festival budaya di Kaliningrad dan pertunjukan budaya lainnya di wilayah Rusia. (viv/02)

Berita Populer