Server PPDB di Kota Blitar Down di saat Hari Pertama Pendaftaran

SURABAYAPAGI.com – Pendaftaran penerimaan peserta didik baru (PPDB) jalur zonasi atau regular SD dan SMP dibuka pada hari ini Senin (20/5/2019). Pendaftaran PPDB tingkat SD dan SMP, semua menggunakan sistem online. Namun pada hari pertama pendaftaran server PPDB di Kota Blitar down.
Para calon pendaftar belum bisa mengakses website pendaftaran PPDB hingga siang. Akhirnya, para wali murid mendatangi sekolah asal masing-masing.
Seperti dilakukan Riana (34), warga Jl Duku, Kelurahan Karangsari, Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar. Riana hendak mendaftarkan anaknya ke SMPN 2. Tetapi, Riana belum bisa mengakses website pendaftaran.
Karena khawatir, Riana mendatangi sekolah asal anaknya di SDN Sentul 2. Riana ingin mendaftarkan anaknya lewat sekolah asal di SDN Sentul 2.
"Ternyata di sini juga tetap belum bisa daftar. Katanya, servernya down, website pendaftarannya belum bisa dibuka," kata Riana.
Riana tidak sendirian di SDN Sentul 2. Banyak wali murid lainnya yang juga datang ke sekolah untuk mendaftarkan anak-anaknya. Tetapi, kondisinya sama, mereka belum bisa daftar karena website pendaftaran belum bisa diakses.
"Masih menunggu, sekolah juga belum bisa mengakses website pendaftaran," kata wali murid lain, Retno, saat di SDN Sentul 2.
Retno sebenarnya sudah mendaftarkan sendiri anaknya secara online di rumah pada Senin dini hari. Tetapi, belakangan ada informasi yang mendaftar sebelum Senin pukul 08.00 WIB tidak berlaku.
"Makanya saya bingung, saya mau tanya ke sekolah. Tapi sekolah belum bisa melihat datanya karena websitenya masih belum bisa dibuka," ujar warga Jl Turi Selatan, Sukorejo, Kota Blitar.
Kepala SDN Sentul 2, Sustini mengatakan pendaftaran PPDB secara online mulai dibuka Senin (20/5/2019) pukul 08.00 WIB. Tetapi, sejak mulai dibuka, website pendaftaran PPDB sudah bermasalah. Sekolah belum bisa mengakses website pendaftaran.
"Banyak wali murid yang datang ke sini, tapi kami juga belum bisa mengakses website pendaftarannya," katanya.
Dikatakannya, meski pendaftaran menggunakan sistem online, sekolah tetap memfasilitasi wali murid yang ingin daftar lewat sekolah asal. SDN Sentul 2 menyiapkan dua operator untuk pendaftaran SD dan pendaftaran SMP.