•   Rabu, 1 April 2020
Pilpres 2019

Setelah Khofifah, Prabowo Datangi Ponpes di Magetan

( words)
Khofifah Indar Parawansa bersambang ke Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Karas, Magetan, kemarin. Foto: SP/IST


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur terpilih, Khofifah Indar Parawansa bersambang ke Pondok Pesantren Al Fatah Temboro, Karas, Magetan, Selasa (30/10). Bersama sejumlah kiai yang juga rombongan Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) untuk Jokowi-Ma’ruf Amin, Khofifah menyempatkan diri untuk bersapa dengan ribuan santri yang kerap disebut dengan kampung Madinah itu.
Khofifah mengatakan, kedatangannya kali ini adalah bagian dari program Jatim Harmoni yang sempat ia gagas saat kampanye Pilgub 2018 lalu. "Nah, dari Jatim Harmoni itu, kita harus banyak mendengar dari berbagai elemen. Sekolah ya sekolah kan macam-macam, pesantren juga gitu bermacam-macam, maka itu saya bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Al Fatah Temboro ini," kata Khofifah.
Kedatanyannya kali ini juga turut didampingi oleh Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Emil Elestianto Dardak. Di rungan terpisah antara laki-laki dan perempuan, Khofifah sempat memberikan sambutan, dan ceramah singkat dengan para santri yang seluruhnya mengenakan khimar cadar itu.
Lebih lanjut, Khofifah mengatakan ada banyak yang bisa dilihat di Pondok Pesantren Al Fatah Temboro ini. Satu di antaranya Khofifah menyebut soal kemandirian yang luar biasa dan juga keswadayaan di pesantren ini. "Mereka memiliki lahan yang cukup untuk membangun kewirausahaan untuk menghidupi seluruh kebutuhan pesantren," ucapnya.
Di sisi lain, Khofifah mengatakan, selama di wilayah Mataraman pihaknya juga melakukan konsolidasi JKSN di sana. Pasalnya, menurut Khofifah saat ini sudah banyak yang menyatakan bergabung dengan JKSN. "Hal penting bahwa viral JKSN ini sudah bisa dirasakan oleh masyarakat yang ada di daerah-daerah maka konsolidasi JKSN harus semakin massif," kata Khofifah.
Sementara itu, Sekjend JKSN Kiai Zahrul Azhar Asad mengatakan kedatangan ke Temboro ini juga dalam rangka memberikan info halus tentang Jokowi secara umum. "Temasuk memberikan pengarahan ke santri bagaimana pak Jokowi di kancah internasional. Betapa susahnya mengatur bangsa ini namun bagimana beliau mengupayakan bangsa ini bisa terus maju dan berkembng adalah kebaikan yang tidak bisa dilihat sebelah mata," kata pria yang akrab disapa Gus Hans ini.
Saat ditanya apakah kedatangan Khofifah dan JKSN yang tepat satu hari sebelum jadwal kedatangan Capres Prabowo yang juga akan bertandang ke Temboro, Rabu (31/10), Gus Hans mengaku tidak mengetahui hal tersebut. "Tidak, kedatangan kita tidak ada kaitannya dengan itu, kami malah nggak tau. Tapi dengan kami datang ke sini, minimal kita memberikan porsi objektif dari beberapa sisi agar mereka yang di sini tidak mendapat informasi dari satu pihak saja," kata Gus Hans. Sb

Berita Populer