Siap Lawan China, Kapal Induk Inggris Mulai Gandeng AS dan Jepang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Jul 2020 16:19 WIB

Siap Lawan China, Kapal Induk Inggris Mulai Gandeng AS dan Jepang

i

Kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth. SP/ AFP

SURABAYAPAGI.com, Inggris - Inggris dilaporkan siap bergabung dengan Amerika Serikat dan Jepang di Indo-Pasifik untuk melawan China. Para petinggi militer setuju mengerahkan kapal induk HMS Queen Elizabeth ke perairan tersebut.

Dilansir dari The Australian, Rabu (15/7), HMS Queen Elizabeth akan berlayar ke Indo-Pasifik untuk menggelar latihan perang dengan sekutu mereka, yakni AS dan Jepang. 

Baca Juga: Rusia Ancam Inggris: ''Tentara Inggris Akan menjadi Sasaran Sah Pasukan Rusia''

Kapal induk seharga US$5,6 juta itu menampung 700 personel, ditambah awak dari jet tempur dan helikopter sehingga total menjadi 1.600. Dua skuadron dari jet tempur siluman F-35B Lightning II juga disiapkan dalam pelayaran kapal tersebut.

HMS Queen Elizabeth dikawal dengan dua kapal perusak Tipe 45, dua fregat Tipe 23, dua kapal tanker, dan beberapa helikopter. Kapal induk itu akan menyelesaikan latihannya bersama sekutu pada musim gugur ini.

Australia dan Kanada dilaporkan turut bergabung dalam latihan tersebut.

Sebuah sumber mengatakan, Inggris mengerahkan kapal induk di kawasan Indo-Pasifik untuk menangkal ancaman dari China di jalur perdagangan utama.

Baca Juga: Sri Mulyani Mengatakan Tekanan Ekonomi Global Dipicu oleh AS dan China

“Kami berambisi untuk berbasis di sana, mungkin dengan (membawa) carrier strike group atau bahkan tidak (membawanya). Kita lihat saja,” kata Komandan Armada Wakil Laksamana Jerry Kyd.

Carrier strike group adalah pembentukan operasional dua kapal Angkatan Laut Kerajaan Inggris (Royal Navy) dan Angkatan Laut AS.

Angkatan Laut AS untuk pertama kali dalam hampir tiga tahun mengerahkan tiga kapal induk patroli di perairan Indo-Pasifik.

Baca Juga: Pemerintah Amerika Serikat Seret Google ke Meja Hijau Karena Diduga Monopoli Pasar

Tiga kapal tersebut, USS Theodore Roosevelt, USS Nimitz, dan USS Ronald Reagan dikerahkan pada Juni lalu. Terakhir kali Angkatan Laut AS mengirim tiga kapal induk ke wilayah itu pada 2017.

Upaya pengerahan itu dinilai tidak lebih dari latihan AS yang bertujuan untuk menciptakan ketegangan dengan China. Tiongkok sendiri menyatakan tidak akan gentar dengan pengerahan tiga kapal induk tersebut.

China menegaskan tidak akan akan mundur untuk membela kepentingannya di wilayah tersebut karena memiliki rudal anti-kapal DF-21D dan DF-26 yang dapat diandalkan.   dsy9

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU