•   Minggu, 5 April 2020
Pemprov Jatim

Sinergi BUMD Keuangan, Komisi C Ingin Kredit Petani ditingkatkan

( words)
Ketua Komisi C DPRD Jatim M Fawait.



SURABAYA , SURABAYAPAGI.COM – Komisi C DPRD Jatim mengusulkan agar setiap BUMD milik Pemprov Jatim melakukan sinergitas. Hal ini dinilai penting untuk menjadi pemicu pertumbuhan perekonomian di Jatim. Gotong royong sesama BUMD pun perlu dilakukan demi menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ketua Komisi C DPRD Jatim M Fawait mengatakan, pihaknya sudah mengundang BUMD yang bergerak di bidang keuangan, atau yang serumpun. Seperti Bank Jatim, Bank UMKM dan Jamrida. "Kami tidak akan berhenti akan mengundang BUMD yang lain. Kami akan sampaikan kepada Bu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa) hasil dari pertemuan marathon terkait keinginan kami yakni sinergitas antara BUMD,” Ucap M Fawaid Ketua Komisi C DPRD Jatim , Selasa (21/1)

Dijelaskan Politisi Partai Gerindra ini bahwa sudah ada BUMD yang baik bisa menggendong BUMD yang lainnya. Karena dari 12 BUMD di Jatim, hanya Bank Jatim yang memberikan kontribusi PAD sangat signifikant. Sedangkan BUMD lainnya masih perlu digenjot lagi. Sehingga harapannya dengan ada sinergi atau kolaborasi bisnis, maka bisa menopang pendapatan di Jatimyang selama ini mayoritas dihasilkan dari pajak kendaraan bermotor. “Kami ingin mencari solusi yang lain agar ada sumber PAD yang baru. Kita lihat adalah BUMD,” terangnya.

Hal ini disampaikan Fawaid lantaran sejalan dan sama seperti pemerintah pusat yakni mengoptimalkan BUMN. Pihaknya juga telah perintahkan Biro Perekonomian Jatim untuk membuat kajian dampak kinerja BUMD kepada PDRB. salah satunya dengan mendorong produk-produk BUMD itu dikonsumsi dan diborong oleh masyarkat Jatim. Dimulai dari lingkungan terdekat yakni di OPD-OPD ataupun Rumah Sakit milik Pemprov bisa segera sinergi dengan BUMD yang ada.
“Dengan adanya sinergitas BUMD harapan kami juga terciptanya wirausaha baru yang ada di Jatim, khususnya bidang UMKM sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan baru khususnya di pedesaan, atau bahkan meningkatkan Nilai Tukar PEtani,” jelas Gus Fawaid

Oleh sebab itu, pihaknya terus mendorong adanya sinergitas yang lebih serius dan lebih mendalam lagi. Dimana, Komisi C telah mengevaluasi sinergitas antara Bank Jatim, Bank UMKM dan Jamkrida. Misalnya dengan model loan agreement. Yakni dana Bank Jatim Syariah bisa digunakan lebih dulu di Bank UMKM untuk disalurkan ke petani. "Kita dapat laporan kredit pertanian itu NPL nya paling rendah, artinya para petani ini tidak menunggak klo kredit. Seperti ini perlu dioptimalkan," cetusnya. rko

Berita Populer