•   Selasa, 15 Oktober 2019
Pilpres 2019

Soal Debat Bocor, Ma’ruf Amin: Lebih Mudah

( words)
Calon Wakil Presiden nomor 01, Maruf Amin.


SURABAYAPAGI.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan bocoran soal untuk debat pilpres kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden. Menanggapi hal itu, cawapres nomor urut 01, Ma’ruf Amin, menilai langkah KPU itu cukup memudahkan ketimbang tak ada kisi-kisi.

"Memang lebih mudah dibanding tidak ada sama sekali," kata Ma’ruf di kediamannya di Menteng, Jakarta Pusat, Minggu 6 Januari 2018.

Namun, kemudahan itu menurutnya juga tidak semudah yang dibayangkan. Karena menurutnya soal debat itu pasti banyak dan tidak diketahui spesifik dan tidak pasti juga ditujukan kepada siapa.

"Ya memudahkan juga tidak, soalnya kan pertanyaannya banyak. Mana yang untuk kita, mana yang untuk pasangan yang lain, kita juga belum tahu," ujar Ma’ruf.

Ma’ruf memastikan jelang debat nanti intensitas pertemuan antara Joko Widodo dengan dirinya akan diperbanyak. Pasangan ini juga akan melakukan simulasi debat. "Ya tentu, harus. Kita akan melakukan simulasi, pendalaman juga," kata Ma’ruf.

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman menjelaskan, daftar pertanyaan akan dikirim yakni sepekan sebelum debat dimulai. Debat pertama sendiri digelar 17 Januari 2019. "Kalau target kita sih tanggal 10 lah (pertanyaan disampaikan ke peserta), seminggu sebelum pelaksanaan debat," kata Arief Budiman. v

Berita Populer