Surabaya Catat Inflasi Tertinggi dari 6 Ibukota di Pulau Jawa

Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur. SP/ MAHBUB FIKRI 

SURABAYAPAGI,Surabaya - Perhitungan angka inflasi di delapan kota IHK di Jawa Timur selama Desember 2020, seluruh kota mengalami inflasi. Secara beruntun Sumenep menjadi daerah yang mencatat angka inflasi tertinggi dengan 0,71 persen, disusul Surabaya sebesar 0,50 persen, Madiun dan Probolinggo masing-masing sebesar 0,47 persen, Banyuwangi 0,43 persen, Jember 0,36 persen, Malang mencatat 0,34 persen, sedangkan inflasi terendah tercatat di Kediri dengan angka 0,28 persen.

Kepala Bidang Statistik Distribusi Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur Umar Sjaifudin M.Si, mengatakan jika dilihat dari data tersebut tingkat inflasi sepanjang tahun 2020 di 8 kota di IHK Jawa Timur sampai dengan bulan Desember Sumenep merupakan kota dengan inflasi tertinggi mencapai 2,37 persen.

“Sedangkan kota yang mengalami inflasi terendah adalah Surabaya yang mencatat inflasi 1,33 persen,” katanya.

Jika diamati, imbuh Umar, dari sepuluh komuditas yang menjadi penyumbang utama terjadinya inflasi di masing-masing kota IHK di Jawa Timur terjadi pada komuditas cabai merah, tomat, telur ayam ras, dan cabai menjadi penyumbang utama terjadinya inflasi di semua kota IHK di Jawa Timur.

Kemudian komuditas daging ayam ras menjadi penyumbang utama terjadinya inflasi di hampir seluruh kota kecuali Kediri dan Madiun. 

Sedangkan komuditas emas perhiasan menjadi salah satu penghambat utama terjadinya inflasi di semua kota di Jawa Timur. 

“Komuditas bawang merah menjadi penghambat utama terjadinya inflasi di semua kota IHK di Jawa Timur kecuali Jember dan Banyuwangi mas,” ungkapnya.

Namun jika merujuk pada 6 Ibukota Provinsi di Pulau Jawa, Surabaya menjadi kota dengan inflasi tertinggi dengan catatan angka 0,50 persen, diikuti oleh Semarang sebesar 0,49 persen, Yogyakarta 0,48 persen, dan Bandung sebesar 0,39 persen. Sedangkan inflasi terendah dicatat oleh DKI Jakarta dan Serang yang masing-masing mencatat angka 0,26 persen. fm