Tahu Mapo, Menu yang Melegenda di Malam Festival Musim Semi China

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 04 Sep 2020 10:15 WIB

Tahu Mapo, Menu yang Melegenda di Malam Festival Musim Semi China

i

Tahu Mapo / Foto VCG

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Saat Malam Festival Musim Semi Cina yang harus dihidangkan di meja adalah hidangan panas dan pedas. Warnanya yang berapi-api dan rasanya yang membakar mulut melambangkan keberuntungan dan hari-hari yang berkembang pesat di Tahun Baru.

Tidak ada yang bisa mengatakan lebih pada makanan pedas Cina ini selain masakan Sichuan. Dan tahu Mapo, di jantung sejumlah makanan ringan dan makanan lezat dari Provinsi Sichuan di China barat daya, menikmati reputasi yang dibanggakan baik di dalam negeri maupun internasional.

Baca Juga: Kuliner Udang Selingkuh, Hanya Ada di Papua dan Favorit Wisatawan

Di antara berbagai masakan Cina rumahan, ini adalah masakan khas yang tidak melibatkan banyak persiapan dan pengalaman, dan menghadirkan rasa otentik dari salah satu dari delapan masakan Cina utama.

Ditaburi dengan daging cincang dan daun bawang cincang, makanan pedas yang terkenal ini menggabungkan tahu lembut dari buncis - bahan sehat tinggi protein dan kalsium tetapi rendah kolesterol dan lemak - dan sambal pedas dan saus kacang.

Daging yang disajikan bisa berupa daging babi atau sapi tergantung selera pribadi. Anda juga disarankan untuk menambahkan irisan jahe dan siung bawang putih, serta lada Sichuan, yang akan menambah rasa yang sangat menyatu dan membuka nafsu makan Anda.

Menampilkan tahu seputih salju dengan saus cabai merah dan taburan daun bawang cincang di atasnya, hidangan ini sangat seimbang, tidak hanya dalam rasanya yang kaya tetapi juga cara penyajiannya.

Citarasanya yang berbeda menjadikannya hidangan terkenal di luar China termasuk Jepang, Singapura, dan banyak negara Barat.

Namun, lebih sedikit orang yang tahu bahwa kelezatan yang terkenal secara global itu ditemukan oleh seorang wanita kelas bawah di Dinasti Qing (1644-1912), yang bernama asli Wen Qiaoqiao. Hidangan ini dinamai sesuai nama panggilannya, Mapo, yang mengacu pada wanita bercak bopeng.

Baca Juga: Khusnul Khatimah, Jalankan Bisnis Kuliner Kaazta and Beverages untuk Investasi Masa Depan

Wanita legendaris, yang mencari nafkah dengan membuka kedai makanan bersama suaminya di pinggiran ibu kota Sichuan, Chengdu, menunjukkan keunggulan intelektual dan bakatnya dalam memasak dan menciptakan hidangan khas yang disukai oleh banyak generasi yang akan datang.

Legenda seputar kehidupan Mapo, dengan resep ajaibnya, diturunkan dari mulut ke mulut, karya sejarawan dan antropolog, serta drama dan opera lokal.

Keajaiban di balik tahu Mapo paling otentik, bagaimanapun, disimpan dalam saus cabai lokal - saus kacang cabai Pixian dari Kabupaten Pixian di barat laut Chengdu.

Terletak di jantung Cekungan Sichuan, daerah ini didominasi oleh dataran datar yang bagus dengan ketinggian rata-rata sekitar 500 meter di atas permukaan laut dengan aliran besar yang mengalir.

Baca Juga: Makanan Khas 'Dinangoi' Sulawesi Utara, Santapan Elit Para Raja Bolaang Mongondow

Ini menyediakan lingkungan yang menguntungkan untuk menanam paprika merah dan kacang buncis - bahan utama untuk saus - berkat tanah dan airnya yang melimpah. Pada saat yang sama, iklim yang sejuk membawa kompleksitas dan keunikan pada profil rasa dari sambal yang dibuat di sini.

Dijuluki sebagai "jiwa masakan Sichuan", saus cabai kacang dari kabupaten kecil di barat daya China dimasukkan ke dalam gelombang kedua dari Daftar Warisan Budaya Takbenda Nasional China pada bulan Juni 2008.

Sausnya yang gurih juga wajib dimiliki oleh setiap rumah tangga Tionghoa, sedangkan kelezatan tahu yang ditampilkannya telah menjadi hidangan yang wajib dicoba oleh pecinta makanan Tionghoa. Dsy5

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU