Tahun 2021, Lamongan Fokus Pemulihan Ekonomi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 11 Nov 2020 17:36 WIB

Tahun 2021, Lamongan Fokus Pemulihan Ekonomi

i

Bupati Fadeli menyerahkan  nota keuangan ke ketua DPRD, H Abd Ghofur pada rapat paripurna, Rabu (11/11/2020). SP/MUHAJIRIN KASRUN

 

SURABAYAPAGI.COM, Lamongan - Tahun 2020 Kabupaten Lamongan akan fokus pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19. Keseriusan itu tertuang di dalam rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2021.

Baca Juga: Dalami Korupsi Pembangunan Gedung Pemkab, KPK Periksa Eks Ketua DPRD Lamongan

Dalam pengantar nota keuangan pada rapat paripurna, Rabu (11/11/2020) Fadeli menyebutkan, secara keseluruhan Pendapatan Daerah tahun 2021 diperkirakan mencapai Rp 2, 929 triliun yang berarti mengalami penurunan 0,62 persen dari target pendapatan tahun lalu. Dimana dalam komponen PAD ditargetkan Rp 467.093.539.767 dan pendapatan transfer Rp 2.312.004.321.847,48.

“Walaupun diproyeksikan mengalami penurunan pada komponen PAD sebesar 3,41 persen dan pendapatan transfer sebesar 2,04 persen, pada komponen lain-lain pendapatan daerah yang sah ditargetkan Rp 150.744.338.106 sehingga mengalami peningkatan sebesar 44,61 persen dari tahun sebelumnya,” tutur Fadeli.

Pada belanja daerah yang ditargetkan sebesar Rp 2,938 triliun, sehingga terjadi defisit sebesar Rp 5,5 miliar.

Sementara dari sisi pembiayaan, penerimaan pembiayaan daerah dialokasikan sebesar Rp 11 miliar dan pengeluaran daerah dialokasikan sebesar Rp 2,5 milyar. Dari kondisi tersebut didapat pembiayaan netto sebesar Rp 8,5 miliar, sehingga sisa lebih pembiayaan menjadi nol rupiah.

Baca Juga: Berkah Ramadhan, 1000 Anak Yatim dan Disabilitas Lamongan Terima Santunan

Meski diprediksi menghadapi tantangan yang cukup berat terutama dari sisi penerimaan lanjutnya Fadeli, perbaikan tata kelola pemerintahan juga harus diupayakan guna menjaga keberlangsungan program dan prioritas kebijakan Pemerintah Kabupaten Lamongan.

“Pemerintah tetap memprioritaskan pembangunan Kabupaten Lamongan. Hal ini selaras dengan tema rencana kerja 2021, yakni mempercepat pemulihan ketahanan ekonomi dan kehidupan masyarakat dengan fokus pemerataan pembangunan untuk pertumbuhan berkualitas dan berdaya saing,” tutur Fadeli

Pembangunan dalam bidang penanggulangan kemiskinan misalnya, yakni melalui peningkatan kualitas SDM dan peningkatan perekonomian serta peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang merata dan berkualitas.

Baca Juga: Duhhh..Rp 11, 5 Miliar Bantuan Keuangan Pemdes Tahun 2023 di Lamongan Tak Kunjung Dicairkan

Selanjutnya, pengurangan disparitas wilayah yakni melalui pembangunan infrastruktur pendukung, pertumbuhan perekonomian serta pengembangan komunikasi dan informatika. Pada pengembangan nilai tambah ekonomi yakni melalui pengembangan industri kecil menengah berbasis agro.

Kemudian peningkatan optimalisasi ketahanan pangan, energi serta pengelolaan sumber daya air dan pelestarian lingkungan dengan fokus pada program peningkatan distribusi dan cadangan pangan daerah. Sedangkan pengembangan stabilitas keamanan ketertiban pengelolaan potensi konflik serta pencegahan tindak kriminal demi kesuksesan pesta demokrasi dengan fokus pembangunan. jir

 

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU