•   Senin, 17 Februari 2020
Peristiwa Internasional

Taiwan Darurat Bancana, Setelah Gempa Kini Topan Tengah Bersiap

( words)
Badai topan mengguncang Taiwan tahun 2016 SP/cnn


SURABAYAPAGI.com - Gempa 6 skala richter menguncang pantai timur laut Taiwan pada Kamis (8/8/2019) pagi. Akibat gempa tersebut 2.000 gedung mengalami pemadam listrik.

Sumber dari Reuters mengungkapkan gempa dangkal mengguncang gedung di ibu kota, Taipei. Sumber gempa berada di dekat wilayah timur laut Yilan memiliki kedalaman 22 km atau 13 mil.

Tak ada laporan langsung tentang kerusakan signifikan atau korban jiwa.

Gempa itu memicu pemadaman listrik terbatas dan memaksa penangguhan layanan kereta api regional di Taiwan Utara. Ada pula laporan kebocoran gas dan air.

Taiwan, sebuah pulau yang diperintah oleh China terletak di dekat persimpangan dua lempeng tektonik dan rentan terhadap gempa bumi.

Lebih dari 100 orang tewas dalam gempa di Taiwan Selatan pada tahun 2016, dan beberapa warga Taiwan terluka oleh gempa berkekuatan 7,6 skala richter yang menewaskan lebih dari 2.000 orang pada tahun 1999.

Namun, seakan tak berlalu, Taiwan kini harus waspada dan bersiap hadapi badai topan yang diperkirakan akan terjadi hari ini juga.

Badai topan yang tengah bersiap menghantap Taiwan yakni Topan Lekima. Topan ini berisiko menyebabkan tanah longsor dan kenaikan air laut.

Topan Lekima ini merupakan topan dengan level terkuat menurut biro cuaca Taiwan. Badai ini diperkirakan tiba di pesisir timur laut Taiwan hari ini dengan kecepatan 15 km per jam. Lekima memiliki kecepatan angin maksimum 227 km per jam.

Biro cuaca Taiwan harus memberikan peringatan angin kencang dan hujan untuk sebagian besar kota Taipei, kota pelabuhan Keelung dan beberapa wilayah di bagian utara. Biro tersebut juga memperingatkan para pelaut untuk menghindari pesisir selatan dan timur Taiwan.

Pemerintah menegaskan agar semua pihak terkait untuk tetap waspada akan terjadinya badai topan tersebut.

Berita Populer