•   Jumat, 15 November 2019
Otonomi Daerah

Tanpa Pejabat SKPD, Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Sidak Perbaikan Jalan Bulang Prambon

( words)
Wabup Sidoarjo Nur Ahmad (kiri) saat sidak proyek perbaikan jalan Desa Bulang Prambon


SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo- Kendati tidak satupun pejabat Dinas Bina Marga dan SDA ikut mendampingi, namun tidak menyurutkan langkah Wakil Bupati Sidoarjo H.Nur Ahmad Syaifuddin SH, melakukan inspeksi proyek peninggian jalan penghubung Desa Cangkring Kecamatan Krembung-Desa Mbulang Prambon, Rabu (9/10/2019).
Pada inspeksi ini, memang tidak satupun pejabat dari Dinas PU Bina Marga yang datang mendampingi Wabup Nur Ahmad, entah apa penyebabnya.
Di lokasi , Wabup hanya didampingi H.Abdul Khodir Kepala Desa Mbulang Kecamatan Prambon dengan beberapa staffnya.
“Kita ingin melihat dari dekat, sejauh mana progress perbaikan jalan penghubung ini. Alhamdulillah progressnya sudah cukup baik, yakni sekitar 15 persen. Proyek ini mulai digarap akhir Agustus lalu dan diharapkan selesai awal Desember 2019 nanti,” jelas Wabup Nur Ahmad di lokasi.
Menurut Wabup, anggaran yang disiapkan untuk perbaikan dan peninggian jalan ini sebesar Rp 4.1 miliar, dengan lebar 7 meter dan panjang volume jalan 625 meter. Karena kondisi jalan ini sebelumnya rusak parah dan sangat dikeluhkan warga sekitar atau pengguna jalan, maka untuk peningkatan kualitas jalan tidak dibangun dengan perbaikan aspal, melainkan dibangun jalan beton sehingga bisa bertahan cukup panjang usianya.
“Panjang perbaikan jalan ini melintasi dua wilayah yakni Kecamatan Krembung dan Kecamatan Prambon. Kita berharap pekerjaan sesuai jadwal yang ditentukan,” ujar Wabup.
Selama proyek perbaikan jalan ini berlangsung, masyarakat diharap sabar dan penuh pengertian, karena nantinya dalam pemasangan beton jalan akan dilakukan penutupan jalan sebagian, sehingga beberapa kendaraan besar tidak boleh lewat hingga pengerjaan tuntas. "Kami berharap proyek perbaikan jalan dijalankan secara profesional, sehingga kualitas jalan benar-benar sesuai dengan standar proyek," tegasnya.
Dari pantauan di lapangan, progress peninggian jalan ini sudah pada pemadatan sebelum nanti dipasang besi riged untuk di cor.
Di bagian timur, pekerja dengan menggunakan alat berat, terus meratakan ketinggian jalan yang masih belum sama.
Untuk menghindari pengendara jalan yang nekad melintasi jalan, pekerja memasang baja sebagai penghalang.
Sementara itu menurut H.Abdul Khodir kades Mbulang, jalan yang ditinggikan ini, memang sudah lama tidak tersentuh perbaikan hampir 5 tahun ini.
Karenanya, masyarakat menyambut baik adanya perbaikan jalan ini. “Dulu sering sekali mobil terperosok ke jalan berlubang di depan ini. Karenanya warga menyambut baik ada peninggian jalan ini,” ungkap Abdul Khodir. sg

Berita Populer