•   Kamis, 17 Oktober 2019
Sportainment

Tekuk Duo China, Tontowi/Liliyana Melaju ke Semifinal

( words)
Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad & Liliyana Natsir


SURABAYAPAGI.com - Duel sengit tersaji dalam laga perdana babak perempat final Daihatsu Indonesia Masters, Jumat 26 Januari 2018. Dua pasangan tangguh ganda campuran saling berhadapan untuk merebut tiket semifinal turnamen berhadiah total US$350.000 tersebut.
Jagoan utama Merah Putih yang juga merupakan unggulan pertama, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir menantang duo 'kuda hitam' China, Zhang Nan/Liu Xuanxuan di lapangan 1. Memulai pertarungan dengan angka ketat, 4-4 skor 11-8 dikemas Owi/Butet untuk unggul di interval pertama.
Zhang/Liu seolah tak mau menyerah, angka pun terus ditempel ke skor 17-14 masih untuk keunggulan Owi/Butet. Pertandingan semakin alot. Namun, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 itu dengan tenang mampu menuntaskan game awal dengan apik, 21-18.
Dominasi pilar tuan rumah kian menggila kala game kedua mereka terus melanjutkan tren positifnya. Jeda interval diakhiri dengan laju 11-7, lalu merangkak terus ke posisi 16-11 dengan mengandalkan serangan drive tipis di atas bibir net.
Sayangnya, beberapa pukulan Owi/Butet yang kerap melebar dan membentur net menjadikan Zhang/Liu coba merapat 15-18. Situasi makin genting kala pasangan China tambah mendekat dengan 18-19.
"Seperti yang kita tahu, Zhang Nan pemain berpengalaman dan enggak gampang ditembus juga. Sempet unggul-unggul tapi keteteran juga. Tapi kami sudah pelajari permainan mereka, jadi secara umum siap dan tahu bagaimana mengatasi tekanan di lapangan," ungkap Owi dalam konferensi pers usai laga.
"Di akhir game kedua sempat kami mandek dan mereka gampang dapat dua poin. Saya berusaha mengubah permainan dan berhasil menang," tuturnya.
Di semifinal, Owi/Butet akan bertemu sesama pasangan Indonesia, antara Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti atau Yantoni Edy Saputra/Marsheilla Gischa Islami. Artinya, Indonesia memastikan satu tempat untuk ganda campuran Merah Putih di partai puncak. (viv/cr)

Berita Populer