Tempat Wisata Mulai Dibuka, Begini Penjelasan Disporapar Jombang

author surabayapagi.com

- Pewarta

Sabtu, 20 Jun 2020 18:33 WIB

Tempat Wisata Mulai Dibuka, Begini Penjelasan Disporapar Jombang

i

Para pengunjung di tempat wisata Banyu Mili, Wonosalam, Jombang. (SP/M. Yusuf)

SURABAYAPAGI.COM, Jombang - Terkait tempat wisata di dua kecamatan wilayah Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang sudah mulai dibuka, Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jombang belum memberi sinyal untuk membuka.

Dari hasil audensi dilakukan kemarin, pelaku usaha wisata bisa melakukan simulasi untuk menuju transisi ke new normal. ”Yang masih menjadi pertimbangan kondisi lokal saat ini,” kata Kepala (Plh) Disporapar, Hari Purnomo, Sabtu (20/6/2020). Hari menjelaskan, angka pasien positif yang masih tinggi di Jombang, membuat para pelaku usaha harus lebih bersabar lagi. Namun dari segi perekonomian, pelaku usaha tetap menjadi perhatian Pemkab Jombang.

Baca Juga: Bencana Tanah Gerak di Jombang, Pemkab Siapkan Lahan untuk Relokasi

”Jadi teman-teman (pelaku usaha, red) mungkin saat ini melakukan simulasi ke transisi new normal. Setelah melakukan simulasi ini, pelaku usaha melaporkan hasilnya ke Pemkab Jombang," jelasnya.

Baca Juga: Jelang Ramadhan, Pemkab Jombang Gelar Grebek Apem

Kemudian, papar Hari, Pemkab Jombang akan melakukan survei untuk kedepannya seperti apa. Kemungkinan, pada minggu depan mereka sudah mengirimkan surat ke pemkab. "Pelaku usaha harus benar-benar menaati protokol kesehatan yang ada, dengan menyiapkan tempat cuci tangan dan mengatur agar tidak membuat kerumunan yang mengakibatkan penularan Covid-19," ujarnya.

Baca Juga: Meriah, Kirab Adipura di Jombang Disambut Antusias Masyarakat

Menurut Hari, hal ini harus dievaluasi semua. Tidak hanya tempat wisata, namun tempat keramaian lainnya. Ketika ditanya apakah pelaku usaha wisata sudah diperbolehkan buka setelah persiapan matang, Hari belum bisa memberikan keterangan pasti. "Yang jelas, saat ini perbup juga masih dalam tahap pembahasan. Saat ini kan belum ada surat edaran terbaru dari Bupati Jombang terkait diperbolehkan untuk membuka tempat wisata," pungkasnya.(suf)

Editor : Aril Darullah

BERITA TERBARU