Temuan Sekarung KIP, Kapolrestabes Segera Tetapkan Tersangka

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Sudah sembilan hari temuan satu karung berisi berkas dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 643 di tempat laundry milik Umi Kalsum di Jangkungan, Sukolilo, Surabaya.

Timsus Polsek Sukolilo dan dibantu Polrestabes Surabaya, dalam waktu dekat segera menetapkan tersangka atas 643 KIP yang seharusnya didistribusikan ke pelajar di kecamatan Sukolilo.

Hal itu ditegaskan Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan. Menurut Rudi saat ini pihaknya sudah memeriksa delapan saksi. Terakhir tim penyidik memanggil dan meminta keterangan dari salah satu saksi kunci, yakni Budi.

"Pak Budi ini dipangggil dan dimintai keterangan, karena sebagai atasan dari Simon dan Hamid," sebut Rudi di Mapolrestabes Surabaya, Selasa (27/3/2018).

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap Budi, lanjut Rudi, penyidik memperoleh keterangan bahwa Budi mendapat laporan dari Simon yang menyebutkan KIP sudah terdistribusikan.

Bahkan laporan itu juga dilengkapi dengan berita acara bawa 643 KIP itu terbagai dua Kelurahan, untuk pelajar di keluraharan Gebang akan menerima 220 KIP dan Kelurahan Keputih 423 KIP.

"Kami juga sudah meminta keterangan dari perangkat Kelurahan Gebang dan Keputih. Pihak kelurahan mengaku tidak pernah diminta bantuan supaya melakukan pendampingan terhadap pendistribusian KIP," terang Rudi.

Orang nomor satu di Polrestabes Surabaya menambahkan bahwa keterangan dari Hamid selaku kurir yang bertugas mendistribusikan KIP mengaku sudah meminta bantuan pendampingan ke peranghkat kelurahan guna menyalurkan KIP.

"Jadi, nanti ada yang akan segera jadi tersangka. Kami masih melengkapi keterangan dan dokumen-dokumen," pungkas Rudi. (bj/04)