Tertular Hewan, 6 ASN Dinas Peternakan Pemkab Blitar Positif Covid-19

author surabayapagi.com

- Pewarta

Minggu, 13 Sep 2020 15:34 WIB

Tertular Hewan, 6 ASN Dinas Peternakan Pemkab Blitar Positif Covid-19

i

Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Kantor OPD yang berlokasi di Jalan Cokroaminoto Kota Blitar itu ditutup selama satu pekan karena enam aparatur sipil negara (ASN) dari Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Blitar dilaporkan positif Covid-19. 

Setelah mendapat laporan dokter hewan positif covid-19, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar bertindak cepat dengan melakukan rapid test massal. Hasilnya ditemukan 5 pegawai reaktif. 

Baca Juga: Pemudik Boleh "Bolos" Asal Ber-WFH

Juru bicara Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengungkapkan keenam ASN tersebut diduga tertular dari seorang dokter hewan yang terkonfirmasi positif covid-19. 

“Ada 17 orang yang di-rapid test. Hasilnya 5 orang dinyatakan reaktif. Kelima orang ini terdiri dari satu dokter hewan, dua paramedik dan dua bagian keuangan. Kelima orang ini kemudian di swab test dan hasilnya positif," ungkap Krisna Yekti, Minggu (13/9/2020).

Baca Juga: Berkat Dukungan TN-Polri, Pelayanan di Daop 7 Aman dan Terkendali

Dia menambahkan, total pegawai dinas peternakan yang terpapar Covid-19 ada 6 orang. "Jadi dengan satu dokter hewan yang sudah positif sebelumnya total yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Disnakan menjadi 6 orang. Semuanya tanpa gejala," tambahnya.

Krisna Yekti menyebut, Gugus Tugas bersama Dinas Kesehatan hingga saat ini masih kesulitan melakukan tracing darimana dokter hewan tersebut tertular Covid-19. Pasalnya mobilitas dokter hewan yang pertama terpapar ini cukup tinggi. 

Baca Juga: 110 ASN Diambil Sumpah, Bupati Pesan Agar Pelayanan Publik Harus Berkualitas

Meski demikian, pihaknya terus melakukan penelusuran kontak erat keenam pegawai Dinas Peternakan dan Perikanan yang positif Covid-19. Gugus Tugas juga memastikan keenam pegawai yang terkonfirmasi positif telah menjalani isolasi di gedung LEC di Kecamatan Garum. Dsy15

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU