•   Kamis, 17 Oktober 2019
Peristiwa Internasional

Texas Berduka, 20 Orang Tewas Tertembak

( words)
Capture tersangka dalam video insiden penembakan SP/Kmps


SURABAYAPAGI.com - Penembakan massal kembali terjadi di Amerika Serikat. Kali ini seorang bersenjatakan senapan menewaskan 20 orang di Walmart di El Paso, Texas, dan melukai lebih dari dua lusin orang lainnya pada hari Sabtu waktu setempat.

Aksi ini hanya berselang enam hari usai seorang remaja bersenjata menewaskan tiga orang di sebuah festival makanan di California Utara.

Seperti dilaporkan Reuters, saat kejadian tersebut terjadi, toko tersebut sedaqng sibuk berbelanja.

"Hari ini seharusnya menjadi hari yang normal bagi masyarakat untuk berbelanja dengan santai, namun berubah menjadi salah hari paling mematikan dalam sejarah Texas," kata Gubernur Texas Greg Abbott pada konferensi pers.

Selain 20 orang tewas, Kepala Polisi El Paso Greg Allen mengonfirmasi dikutip AFP ada 26 orang terluka dalam penembakan massal di Walmart El Paso tersebut.

Dari berbagai laporan media AS, diketahui usia para korban luka yang menjalani perawatan di rumah sakit bervariasi antara dua hingga 82 tahun. Polisi menyatakan dilansir Sky News ketika penembakan terjadi, Walmart begitu penuh dengan 3.000 pengunjung. Beberapa di antara mereka membeli perlengkapan sekolah.

Allen menjelaskan, jajarannya menerima laporan adanya penembakan massal pada pukul 10.39 waktu lokal dengan para penegak hukum sampai di lokasi enam menit kemudian. "Situasi di lokasi sangatlah mengerikan," ucap Allen.

MengutipCNN, Wali Kota Texas, Dee Margo menambahkan, tiga orang tersangka penembakan sudah ditangkap dan ditahan kepolisian.

"Ada tiga tersangka yang ditahan," kata Walikota Dee Margo kepada CNN, seraya menambahkan bahwa situasi di lokasi masih mencekam namun sudah dalam kendali kepolisian.

Tersangka berhasil diringkus tanpa perlawanan berarti. Video yang beredar di media sosial menunjukkan dia diborgol oleh polisi dan ditempatkan di mobil patroli.

Penembakan ini merupakan yang kesekian kali dalam sepekan terakhir, di mana beberapa hari lalu dua karyawan ditembak mati di sebuah toko Walmart di Southaven, Mississippi, dan tiga orang lain juga tewas ditembak di Gilroy Garlic Festival, California.

Berita Populer