•   Selasa, 10 Desember 2019
Kediri

Tingkatkan Kualitas, UMKM Kabupaten Kediri Dikenal Wisatawan

( words)
UMKM Kabupaten Kediri yang kian solid


SURABAYAPAGI.com, Kediri - Luar biasa UMKM Kabupaten Kediri, dari hari kehari semakin solid dalam berkarya dan menciptakan kreativitas. Hal itu ditunjukkan dalam acara Pertemuan Akbar UMKM Kabupaten Kediri 2018 (10/8/2018) kemarin.
Acara berlangsung di Kampung Labu desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Diikuti oleh sebanyak 170 para pelaku UMKM acara tersebut berjalan lancar.

Hadir pula dalam acara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Kediri Ir. Adi Suwignyo. M. Si, Plt. dan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kab. Kediri drh. Munfarid, MM.
Ir. Adi Suwignyo, M.Si mengatakan, selama 1 tahun lebih dirinya yang pernah menjabat sebagai kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro sudah banyak sekali perkembangan yang dirasakan oleh para pelaku UMKM. Dari data yang diperoleh, Kabupaten Kediri masuk kategori terbanyak produk-produk yang sudah mengurus dan memiliki PIRT.
PIRT (Pangan Industri Rumah Tangga) merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh sebuah produk. Jika produk sudah memiliki PIRT konsumen semakin yakin kalau produk tersebut berkualitas. Untuk masuk ke supermaket juga harus sudah memilki PIRT, jadi sudah keharusan segera mengurusnya.
"Saat ini saya pindah mengurusi Pariwisata, biar pun demikian Pariwisata tidak akan bisa lepas dengan UMKM. Dimanapun dan seindah apapun wisata yang ada jika tidak ada UMKM kurang lengkap. Setiap wisatawan yang berkunjung, saat pulang pasti yang dicari adalah oleh-oleh. Maka kolaborasi dan sinergitas antara Wisata dan UMKM harus terus ditingkatkan," ujarnya di lokasi.
Pada kesempatan yang sama drh. Munfarid, MM mengatakan Slogan yang selama ini diagungkan adalah UMKM bisa dikenal dan laku, hal inilah yang akan terus saya tingkatkan. Produk-produk yang ada selama ini bisa kita promosikan lewat media sosial seperti Instagram, Facebook dan WA, jangan sampai ketinggalan Dinas Kominfo memiliki website yang bisa kita manfaatkan sebagai ajang promosi potensi yang ada di Kabupaten Kediri.
"Saya harapkan teman-teman terus aktif dan selalu bersinergi dengan semua pihak agar kerjasama yang selama ini sudah terjalin bisa terus ditingkatkan," tandasnya.
Sementara itu, Bupati Kediri melaui Plt. Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kediri Krisna Setiawan menambahkan, kita harus ingat pembangunan infrastruktur dikabupaten Kediri semakin lengkap seperti jembatan Wijaya kusuma penghubung Wilayah barat dan Timur sungai brantas. Dalam waktu dekat pula pembangunan Bandara akan segera terealisasi.
"Dengan pembangunan yang semakin meningkat kualitas produk UMKM juga harus berdaya saing tinggi pula. Menurut Bupati sebuah tempat di Kecamatan Grogol yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat memasarkan produk-produk UMKM. Diharapkan tempat tersebut bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sebagai pusat oleh-oleh diwilayah barat sungai," pungkasnya. Adv/kominfo/can

Berita Populer