•   Selasa, 21 Januari 2020
Traveling

Tingkatkan Kunjungan Wisatawan Belitung Timur

( words)


Indonesia kaya obyek wisata. Oleh karena itu, untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan khususnya destinasi wisata yang ada di kepulauan Belitung Timur, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Belitung Timur kembali menggelar acara Table Top 2019.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Kepala Dinas Disbudpar Belitung Timur, Evi Nardi, menjelaskan dalam acara Table Top 2019 yang diselenggarakan pada Selasa, 26 Maret 2019 di Kota Surabaya dengan dihadiri oleh Ketua DPD ASITA Jatim Arifudinsyah, SH, dan Kabid Pemasaran Pariwisata Disbudpar Jatim Susariningsih.

Evi Nardi dalam sambutannya menceritakan, acara Table Top 2019 bekerjasama dengan Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (Asita) Jatim bertujuan mendongkrak kunjungan wisata dan membuka peluang dalam mempromosikan potensi pariwista yang ada di Belitung Timur dan Jawa Timur.

“Kerjasama ini salah satu upaya Disbudpar Belitung Timur dan Jawa Timur untuk mendongkrak kunjungan wisata. Serta, membuka peluang dalam mempromosikan potensi pariwista kedua daerah,” ucap Nardi disela sela acara Table Top 2019 di Surabaya, Selasa, (26/03/19).

“Selain itu, juga menambah kemampuan travel/biro perjalanan dalam mengemas package tour (paket perjalanan) wisata yang ada. Sehingga, selalu ada inovasi baru yang ditawarkan kepada para wisatawan yang bisa menjadi daya tarik dari paket wisata tersebut,” tambahnya.

Jawa Timur khususnya Kota Surabaya dipilih sebagai tempat kegiatan Table Top 2019 masih menurut Nardi, karena lokasinya strategis dan potensi wisatawan yang masuk ke Kabupaten Belitung juga banyak. Artinya mempunyai pasar wisatawan yang potensial.

“Untuk peningkatan kunjungan wisatawan di Belitung Timur, cukup mengalami peningkatan beberapa kali lipat. Hingga mencapai 90 persen untuk wisatawan nusantara dan mancanegara. Peningkatan kunjungan ini didukung dengan akses bandara di Belitung yang turut membuka penerbangan ke luar negeri seperti Singapura,” terangnya.

Sedangkan, dari peningkatan jumlah wisatawan mancanegara, didominasi dari Tiongkok sebanyak 60 persen dengan tujuan rata-rata wisata alam.

Ditempat yang sama, Ketua DPD ASITA Jatim Arifudinsyah, mengapresiasi upaya Disbudpar Belitung Timur untuk mengenalkan destinasi destinasi wisata melalui penjualan paket tour and travel.

“Acara Table Top 2019 ini patut diapresiasi karena bisa mensinergikan komponen pariwisata agar lebih giat lagi dalam mempromosikan dan meningkatkan kualitas pariwisata di kota ma­sing masing,” terang Arifudinsyah.

“Semoga, kerjasama yang baik ini dapat mendukung perkembangan pariwisata tidak saja di Belitung Timur dan Jawa Timur saja tapi juga diseluruh destinasi yang ada di Indonesia,” imbuhnya.

Sementara, menurut Kabid Pemasaran Pariwisata Disbudpar Jatim Susariningsih data target wisatawan di Jawa Timur, masih cukup tinggi dengan target 1 juta kunjungan di tahun 2019. “Kami dari Disbudpar Jatim akan terus mendukung perkembangan pariwisata Indonesia. Khususnya pariwisata yang ada di Jawa Timur,” pungkasnya.

Berita Populer