Tips Memilih Jamur Enoki yang Aman untuk Dikonsumsi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 26 Jun 2020 14:27 WIB

Tips Memilih Jamur Enoki yang Aman untuk Dikonsumsi

i

Jamur enoki. SP/ DECOM

SURABAYAPAGI.com, Jakarta - Jamur enoki dikaitkan dengan Kejadian Luar Biasa (KLB) atas wabah listeria yang terjadi di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia karena jamur impor dari salah satu perusahaan asal Korea Selatan. Agar tidak terinfeksi Listeria, bagaimana tips memilih jamur enoki yang aman untuk dikonsumsi?

Sebelum itu perlu diketahui Listeria monocytogenes merupakan salah satu bakteri yang dapat membuat makanan menjadi beracun. Listeria yang disebabkan oleh bakteri L. monocytogenes dapat berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah seperti ibu hamil, anak-anak, dan lansia.

Baca Juga: RSUD Grati Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 4

Tentu ada kekhawatiran akan konsumsi jamur enoki dalam waktu dekat. Tapi tak perlu khawatir, ahli gizi komunitas, dr Tan Shot Yen memberi tips memilih jamur enoki yang aman untuk dikonsumsi.

"Pilih yang masih kelihatan 'kencang' dan putih bersih. Jangan yang sudah kecokelatan, layu, dan agak berlendir," ujar dr Tan, Jumat (26/6/2020).

Baca Juga: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pasuruan Atasi PMK

Selain itu dr Tan menambahkan, pada prinsipnya makanan harus higienis dan aman untuk dikonsumsi. Ini adalah cara agar jamur enoki atau makanan lain yang kamu konsumsi tidak terkontaminasi bakteri.

"Higienis artinya kebersihan, jadi memang mesti ada edukasi sih. Sebab kita nggak bisa kontrol bagaimana publik menangani makanan mereka kan," tambahnya.

Baca Juga: Jumlah Kunjungan Pasien Lansia ke RSUD Grati Naik Signifikan

Jangan lupa sebelum menyiapkan makanan apapun, cuci tangan dan mencuci bahan makanan dengan seksama.

"Cuci tangan dan cuci bahan makanan, seksama dan benar. Cuma bedanya cuci tangan pakai sabun, cuci sayur dan buah cukup dengan air mengalir, bilas dengan air matang," pungkasnya.  dsy3

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU