•   Senin, 17 Februari 2020
Bisnis Makro

Toyota Siap Produksi Mobil Listrik di Indonesia

( words)
Mobil listrik Leahead dari Toyota


SURABAYAPAGI.com - Mobil Toyota yang dijual di Indonesia saat ini sudah diproduksi lokal oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Meski demikian, unit yang diproduksi masih menggunakan mesin konvensional, baik yang berbahan bakar bensin maupun solar.
Produk-produk mobil Toyota yang sudah diproduksi di Indonesia antara lain, Kijang Innova, Fortuner, Yaris, Etios, Vios, dan Sienta. Meski demikian, TMMIN menegaskan pihaknya siap memproduksi mobil yang menggunakan energi listrik, baik hybrid maupun full electric car.
"Jadi, industri EV sudah ada dan menjadi komitmen Toyota untuk memperkenalkan semua line up EV di Indonesia sesuai dengan preference customer di Indonesia. Kita akan memproduksi model-model yang nanti diharapkan customer di Indonesia," kata Presiden Direktur TMMIN, Warih Andang Tjahjono, di Jakarta.
Warih juga mengatakan, perkenalan akan mobil ramah lingkungan kepada masyarakat Tanah Air penting dilakukan, karena Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar.
"Yang pertama, adalah customer preference. Kita harus memperkenalkan electric vehicle ini ke masyarakat, kesulitan-kesulitannya, kemudahannya. Karena kita adalah salah satu negara yang market-nya besar sekali. Jadi menjadi opportunity," ujarnya.
Selain itu, infrastruktur terkait EV juga tak kalah penting. Plug in hybrid dinilai menjadi solusi saat ini karena tidak membutuhkan banyak infrastruktur dibandingkan kendaraan listrik.
"Ketiga mengenai bagian studi, haknya seperti suply chain maupun masukan masukan lebih konkret mengenai government regulation untuk EV," kata Warih.

Berita Populer