•   Jumat, 15 November 2019
Otonomi Daerah

TPID di Lamongan Berlomba Pamerkan Inovasi Desa

( words)
Kepala Dinas PMD Khusnul Yaqin mengunjungi pameran Bursa Inovasi Desa. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di masing masing Kecamatan secara mandiri, menggelar Bursa Inovasi Desa (BID), yang menampilkan berbagai inovasi yang telah ditelurkannya.

Bursa Inovasi Desa (BID) tahun ini seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Khusnul Yaqin, adalah berbeda dengan BID tahun lalu. Dimana tahun ini TPID di Kecamatan diberi keleluasaan untuk mengadakan sendiri secara mandiri, atau bergabung dengan Kecamatan terdekat.

"Saya minta Kepala Desa dan Perangkat Desa, untuk serius dalam mengamati, meniru dan memodifikasi, potensi desa dalam berinovasi,"pinta Khusnul Yaqin.

Disebutkannya, program inovasi desa ini sangat luar biasa. Sementara skema pelaksanaan kali ini, tujuan utamanya agar lebih maksimal dan tepat sasaran. Desa Desa juga akan lebih leluasa untuk mencontoh dan mengambil inspirasi dari inovasi yang di pamerkan.

Khusnul berharap, perwakilan Desa yang mengikuti BID, mampu memanfaatkan kesempatan itu dengan baik. Jika serius, pasti nanti akan terinspirasi dengan inovasi inovasi yang sudah ada di daerah lain. Baik secara nasional, Provinsi dan Kabupaten Lamongan sendiri.

"Kami berharap seluruh desa maksimal dalam meniru inovasi yang sudah ada. Sehingga hasilnya nanti akan maksimal juga. Kami yakin, dengan Program Inovasi Desa, kesejahteraan masyarakat akan meningkat. Daya saing bisa bertambah," katanya.

Sementara Ketua TPID Kecamatan Sukodadi Sutrisno mengaku banyak manfaat yang telah dihasilkan dari program pemerintah ini. Menurutnya dengan adanya program tersebut, prioritas pembangunan ekonomi dan SDM masyarakat di Desa semakin meningkat.

"Contohnya di Kecamatan Sukodadi, ada tandon irigasi pertanian, kerajinan anyaman bambu, lapangan olahraga pencegah kenakalan remaja, PAUD Integrasi dan produksi opak ladu. Semua itu lahir dari Program Inovasi Desa (PID)," tutur dia menegaskan.jir

Berita Populer