•   Jumat, 6 Desember 2019
Kriminal

Truk Kelebihan Muatan Ditindak

( words)


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Menjelang lebaran, mobilitas mobil angkutan barang yang melintas di Surabaya terbilang cukup padat. Hal itu disiasati oleh para pelaku usaha,mengingat akan terjadi libur panjang selama Lebaran nanti.

Guna mengantisipasi kemungkinan buruk lantaran padatnya mobil angkutan yang berada dijalan, petugas gabungan dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya dan Satlantas Polrestabes Surabaya melakukan razia muatan di jalan Rajawali, Kamis (7/6) pagi.

Sasaran utana razia tersebut adalah mobil dengan muatan yang berlebih. Kebanyakan mobil dump truck dan pickup yang terjaring razia kali ini.

Kadishub kota Surabaya,Irvan Wahyu Drajat menuturkan, razia kali ini dilakukan guna mengantisipasi hal buruk akibat kendaraan yang kelebihan muatan.

"Pada dasarnya sasaran kami memang kendaraan yang muatannya tidak sesuai atau berlebih, kemudian kelengkapan dokumen seperti KIR. Kami kenakan tilang dan teguran," terang Irvan, Kamis (7/6).

Selain itu, petugas juga memberikan sosialisasi bahaya dari kendaraan yang kelebihan muatan.

"Kami ukur pakai axel load portabel, kalau yang kelebihan muatan kami tindak dan berikan arahan, karena ada tiga hal yang dapat terjadi jika muatan berlebih, kemungkinan patahnya as, pecahnya ban yang mengakibatkan kemacetan dan rem blong," imbuhnya.

Sementara itu,Kasat Lantas Polrestabes Surabaya, AKBP Eva Guna Pan Pandia menjelaskan jika kegiatan razia semacam ini akan terus dilakukan sinergi dengan dinas perhubungan di beberapa titik arus yang berpotebsi dilewati oleh kendaraan bermuatan.

"Ini nanti berkala kami lakukan dibeberapa titik yang dilewati oleh kendaraan bermuatan. Maka dari itu kami himbau agar para pelaku usaha menaati aturan yang berlaku demi keselamatan dan kenyamanan bersama," singkat Pandia.
Dalam razia ini setidaknya ada tujuh kendaraan yang ditilang lantaran bermuatan lebih, sementara satu kendaraan telah mati KIRnya sejak tahun 2017.

Berita Populer