Trump Putus Hubungan Dagang dengan China Gegara Corona

author surabayapagi.com

- Pewarta

Rabu, 15 Jul 2020 16:12 WIB

Trump Putus Hubungan Dagang dengan China Gegara Corona

i

Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping. SP/ Getty Images

SURABAYAPAGI.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menutup pintu negosiasi perdagangan "Fase 2" dengan China. Trump mengatakan ia tidak ingin berbicara dengan China tentang perdagangan karena pandemi Corona.

Seperti dilansir Reuters, Rabu (15/7/2020) Trump mengaku tidak tertarik berbicara dengan China. Hal ini merupakan imbas dari wabah Corona.

Baca Juga: Jepang Percepat Pembelian Rudal Tomahawk Dari AS

"Saya tidak tertarik saat ini untuk berbicara dengan China," jawab Trump ketika ditanya dalam sebuah wawancara dengan CBS News apakah pembicaraan perdagangan Fase 2 sudah mati, Selasa (14/7). 

Baca Juga: Sri Mulyani Mengatakan Tekanan Ekonomi Global Dipicu oleh AS dan China

"Kami membuat kesepakatan perdagangan yang hebat," kata Trump mengenai perjanjian Fase 1 yang ditandatangani pada Januari. "Tapi begitu kesepakatan selesai, tinta itu bahkan tidak kering, dan mereka menghantam kita dengan wabah," katanya sembari mengungkit kasus infeksi virus Corona yang pertama kali muncul dari kota Wuhan, China.

Selama berbulan-bulan, Trump menyalahkan China karena mengirim virus Corona ke AS. Dia mengatakan bahwa China harus "diminta pertanggungjawaban" karena gagal membendung wabah itu.

Baca Juga: Pemerintah Amerika Serikat Seret Google ke Meja Hijau Karena Diduga Monopoli Pasar

Pandemi yang merugikan ekonomi AS, membahayakan harapan Trump untuk terpilih kembali pada pilpres November mendatang. China berjanji untuk meningkatkan pembelian pertanian AS dan barang-barang manufaktur, energi, dan jasa sebesar US$ 200 miliar selama dua tahun sebagai bagian dari kesepakatan perdagangan Fase 1. Namun kini Trump mengatakan pandemi mengubah pandangannya tentang perjanjian tersebut.   dsy5

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU