•   Sabtu, 18 Januari 2020
Bisnis Makro

Tujuh Bisnis Sepele yang Mudah dan Menguntungkan

( words)
Ilustrasi bisnis fotokopi dan jasa pengetikan


SURABAYAPAGI.com - Seiring dengan adanya modernisasi, seorang wirausahawan perlu menerapkan berbagai inovasi, agar dapat bersaing demi memenuhi kebutuhan hidup. Tidak hanya pada satu bidang bisnis yang digelutinya saat ini, tetapi juga pada bisnis lain yang memiliki peluang untuk berkembang.

Namun, rasa bingung sering kali muncul, ketika ingin memulai usaha. Alasannya, bukan karena keterbatasan modal saja, tetapi juga rasa bingung untuk menentukan jenis usaha. Bahkan, kerap terbersit di benak bahwa hanya bisnis yang sulit dan wah saja yang bisa memberikan keuntungan besar.

Tapi ternyata tidak demikian, ada banyak bisnis yang terkesan sepele, namun sejatinya memberikan potensi keuntungan yang luar biasa. Apa saja? Berikut, bisnis yang kelihatannya sepele tapi ternyata mudah dan menguntungkan seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bisnis jual-beli pakaian bekas

Image
Sandang adalah kebutuhan pokok manusia. Sampai kapanpun, barang ini akan terus diminati dan tidak akan sepi peminat. Bagi yang hobi berbelanja pakaian, jumlah koleksi pakaiannya pasti banyak. Jika pakaian tersebut tidak terpakai, Anda bisa menjualnya dan menghasilkan uang.

Tidak hanya menjual saja, tetapi Anda juga bisa membeli pakaian bekas dari orang lain, kemudian dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Keuntungan yang Anda peroleh, dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis.

2. Bisnis fotokopi dan jasa pengetikan

Image
Hari gini buka usaha fotokopi dan pengetikan? Memang, usaha ini sering dipandang sebelah mata, tetapi lihat berapa banyak orang yang sukses saat menggeluti usaha fotokopi. Berbicara soal modal, usaha fotokopi membutuhkan modal yang besar, karena harga mesin fotokopi yang mahal.

Walaupun mahal, tetapi balik modal hanya butuh waktu dua tahun saja. Setelah itu, Anda akan mendapat seluruh keuntungan bersih untuk memenuhi kebutuhan pribadi.

Bahkan, sekarang ini sudah banyak ditemukan pembelian berbagai elektronik dan kebutuhan lainnya dengan cara dicicil. Ada banyak e-Commerce yang menjual berbagai barang elektronik dengan pembayaran yang mudah dan harga yang bersaing.

3. Bisnis rental mobil

Image
Jika Anda ingin mendapat untung besar tanpa menguras tenaga, Anda bisa membuka usaha rental mobil. Dari satu buah mobil, Anda akan mendapat untung sekitar Rp300 ribuan per hari, bahkan lebih tergantung jenis mobilnya.

Jika Anda punya 10 mobil yang berhasil direntalkan setiap hari, keuntungannya berubah menjadi Rp3 juta atau lebih per hari, bukan? Bisnis rental mobil memang butuh modal yang tinggi. Namun, karena proses balik modal sangat mudah dan cepat, bisnis rental menjadi bisnis yang paling diminati, terutama oleh orang kaya.

4. Bisnis kue kering

Image
Orang yang hobi kuliner akan menghabiskan 50 persen dari gajinya untuk mencoba aneka makanan di berbagai kafe. Hobi kuliner yang dikenal bikin boros, ini ternyata dapat diubah menjadi hobi mencetak uang yang menjanjikan. Caranya, dengan membuka usaha makanan, seperti kue kering.

Karena tingkat persaingan yang sangat tinggi, Anda harus mampu membuat adonan kue kering yang memiliki cita rasa tinggi untuk mendatangkan banyak pembeli. Jika digeluti dengan serius, usaha kue kering yang awalnya masih kecil-kecilan dapat berubah menjadi usaha yang cukup besar dan memiliki cabang di berbagai wilayah.

5. Bisnis ternak sapi

Image
Sapi termasuk hewan multifungsi. Selain dagingnya, susunya juga dapat dimanfaatkan dan dijual ke pasar dengan harga yang relatif tinggi. Sayangnya, bisnis ternak sapi membutuhkan modal sangat besar karena harga satu ekor anak sapi mencapai jutaan rupiah, belum lagi ditambah biaya perawatan dan makanan.

Meskipun mahal, bukan berarti usaha ini tertutup bagi pengusaha yang memiliki modal terbatas. Karena, sekarang banyak lembaga keuangan yang menyalurkan pinjaman kepada masyarakat. Kalau mau, Anda dapat mengajukan pinjaman sebagai modal awal saat membuka bisnis.

6. Bisnis pembuatan website

Image
Meskipun bisnis pembuatan situs (website) tidak dilakukan oleh sembarang orang, tetapi jika Anda mampu memahami bahasa pemrograman dengan baik, bisnis ini sangat menguntungkan, sekaligus menjanjikan dalam beberapa tahun kemudian.

Sebelum menggeluti bisnis ini, Anda harus mengikuti kursus terlebih dahulu untuk meningkatan pemahaman mengenai teknik pembuatan website secara menyeluruh. Jika dibandingkan dengan biaya kuliah di jurusan IT, maka biaya kursus ini jauh lebih murah.

7. Bisnis pulsa dan kuota internet

Image
Pulsa dan kuota internet tidak dapat dihilangkan dari hidup manusia di era modern. Keduanya, dianggap penting untuk mendukung mobilitas manusia saat bekerja. Melihat kondisi ini, membuka bisnis pulsa dan kuota internet dapat dijadikan alternatif untuk menambah pemasukan.

Katakanlah hanya dengan modal Rp 500 ribu, Anda sudah bisa mengisi saldo pulsa dan membeli beberapa kartu internet, lalu menjualnya ke konsumen.

Kelola bisnis dengan baik untuk mendatangkan keuntungan.

Kunci keberhasilan dalam berbisnis adalah teknik pengelolaan bisnis yang baik. Dengan pengelolaan yang baik pula, maka apapun jenis bisnisnya, akan selalu mendatangkan keuntungan berlimpah.

Jangan lupa pula untuk tekun menjalankan usaha yang sudah dimulai dan terus belajar agar bisa kompetitif. Selamat berbisnis, semoga sukses!

Berita Populer