Turun 9.3%, Penjualan Mobil China Diperkirakan Pulih Dalam H2

SURABAYAPAGI.com - Total penjualan mobil penumpang sempat menurun sebesar 9,3 persen dari tahun lalu menjadi sekitar 9,95 juta pada H1, meskipun penurunannya lebih kecil daripada dalam lima bulan pertama.

Produksi dan penjualan mobil China diperkirakan akan pulih pada paruh berikutnya tahun ini. Sebelum standar emisi baru diberlakukan di beberapa daerah yang diperkirakan lebih cepat dari yang direncanakan, dealer mobil telah meningkatkan promosinya.

Upaya Carmakers dalam memangkas persediaan melalui promosi skala besar sejak awal bulan lalu telah membantu membalikkan penurunan penjualan mobil.

Perlu diketahui, penjualan mobil penumpang China naik 4,9 persen tahun ke tahun di bulan Juni menjadi 1,8 juta unit, dan mengakhiri penurunan beruntun selama 12 bulan berturut-turut, menunjukkan data dari Asosiasi Penumpang Mobil Cina (CPCA).

Prediksi bahwa suhu tinggi akan mengurangi pembelian mobil penumpang pada bulan Juli, CPCA mengatakan penjualan cenderung akan meningkat secara bertahap mulai Agustus karena pembuat mobil akan terus menambah persediaan.

Selain itu, langkah-langkah kebijakan yang diambil oleh pemerintah daerah untuk merangsang konsumsi mobil akan memberikan efek jangka panjang dan pertumbuhan permintaan konsumsi yang stabil akan membantu menarik pertumbuhan penjualan mobil kembali ke wilayah positif di masa depan, kata surat kabar itu.