•   Minggu, 5 April 2020
Pendidikan

Unair - Polrestabes Surabaya Siap Bersinergi

( words)
Kapolrestabes Surabaya Kombespol Rudi Setiawan (lima dari kiri) dan Rektor Unair Prof. Dr. Mohammad Nasih dan jajaran pimpinan Unair saat bersama di Unair. (SP/IFW)


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya Kombespol Rudi Setiawan berkunjung ke Universitas Airlangga, Kamis (4/1/2018). Selain untuk bersilaturahmi, kunjungan itu dalam rangka melakukan sinergi antara Polrestabes Surabaya sebagai lembaga pengayom masyarakat dengan Unair sebagai lembaga pendidikan.

“Dalam mengelola keamanan Kota Surabaya, kita perlu adanya sinergisitas antara akademisi dan kepolisian. Saya yakin betul perubahan-perubahan saat ini begitu cepat, diperlukan suatu kebijakan dan langkah yang tepat. Salah satunya dibekali dengan ilmu pengetahuan tentang perkembangan terkini,” papar Rudi saat berada di ruang rektor Unair.

Kapolrestabes yang baru saja dilantik pada bulan November tahun 2017 lalu itu mengaku, agar kebijakan mengelola Kota Surabaya dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman, maka perlu adanya dukungan dari para akademisi. Seperti mengelola konflik yang terjadi antara ojek online dan ojek konvensional yang ramai beberapa waktu belakangan.

"Kami haraakademisi UNAIR bisa memberikan edukasi kepada para polisi. Sebab, polisi adalah cermin masyarakat. Jika polisi dirasa kurang memiliki pengetahuan pada bidang-bidang tertentu, maka adalah tugas bersama dalam membina mereka," ungkap Rudi
“Saya ingin kembangkan bahwa polisi milik kita bersama. Kalau polisi jelek, kewajiban kita semua untuk memperbaiki mereka,” paparnya. “Kami berharap, UNAIR sebagai lembaga pendidikan bisa memberikan edukasi kepada persolil kepolisian. Sentuhan akademisi sangat diharapkan sebagai wujud dari rasa memiliki,” tambahnya.

Dalam kunjungan itu, Rudi juga mengungkapkan keinginannya untuk bisa menjadi bagian dari keluarga besar Unair. Setelah tiga gelar ia miliki; sarjana ilmu kepolisian, sarjana hukum, dan magister hukum, Rudi berkeinginan untuk melanjutkan studi di Unair.

“Rencana studi di Unair ada, sesegera mungkin, kalau memang diterima. Saya senang sekali bisa pakai jaket alamamater dan bisa duduk bersama mahasiswa-mahasiswa lain,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Unair Prof. Dr. Mohammad Nasih menyambut baik kunjungan Kapolrestabes Surabaya tersebut. Menurutnya, Unair dan Polrestabes Surabaya memiliki tugas yang sama dalam hal mengelola ketertiban dan keamanan di masyarakat.

“Kita punya tugas yang relatif sama terkait dengan ketertiban dan keamanan. Kalau ada yang bisa kita kerjasamakan ya kita kerjasamakan. Kalau nggak kenal bagaimana memulai kerja sama,” ungkap Prof Nasih.ifw

Berita Populer