Unesa Luncurkan Robot Kece Generasi Ke-2

Grand Launching Robot Kece Generasi Kedua. SP/ Byta Indrawati.

SURABAYAPAGI, Surabaya - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggelar Gebyar Rumah Inovasi dengan tema The Future is Here di Gedung Graha Unesa Kampus Lidah Wetan.

“Inovasi berperan penting untuk membentuk SDM yang unggul, oleh karenanya, kita harus menjadi pribadi  yang selalu mampu menciptakan terobosan dan merefleksikannya pada cara kerja kita, termasuk dalam masa pandemi ini. Unesa mampu terus berkarya dengan menghadirkan karya pada Rumah Inovasi dan Robot Kece sebagai langkah preventif dalam menangani penyebaran virus Covid-19. Saya sangat mengapresiasi hal ini," ungkap Menteri Riset dan Teknologi, Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, Ph.D.

IMG_20200917_140634

Pada acara berikutnya, ialah Grand Launching Robot Kece Generasi Kedua yang memiliki sejumlah fitur baru, yakni music therapy, pengukur suhu dengan jarak hingga 5M, sensor yang mampu merekam database pasien serta proximity sensor, sehingga dapat mendeteksi benda yang menghalangi jalannya robot.

“Inovasi akan berharga apabila mampu menjadi solusi dari persoalan yang sedang berkembang. Kami di Unesa dalam kondisi pandemi memfokuskan tema penelitian dan pengabdian kepada upaya untuk mendukung penanganan maupun pencegahan Covid-19,"  ungkap Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes.

Lebih lanjut, Nurhasan juga mengatakan jika produk unggulan tersebut merupakan suatu bentuk kontribusi Unesa dalam mengamalkan Tridharama perguruan tinggi dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Kampus diharapkan lebih dari sekadar menjadi tempat mencetak lulusan yang kelak menjadi motor penggerak di berbagai bidang tetapi juga menjadi sumber inovasi yang menjadi solusi atas berbagai persoalan bangsa.

"Unesa siap mendukung dalam pengembangan hingga penciptaan karya dan produk ilmiah. Semoga apa yang kita lakukan berkontribusi bagi kebaikan masyarakat juga berdampak pada peningkatan daya saing bangsa," pungkas Nurhasan.Byt