Upaya Mahasiswa Ubaya dalam Budayakan Kisah Ramayana

author surabayapagi.com

- Pewarta

Jumat, 15 Jan 2021 15:13 WIB

Upaya Mahasiswa Ubaya dalam Budayakan Kisah Ramayana

i

Felicia Budijanto, salah satu mahasiswa Ubaya yang menciptakan permainan kartu atau card game cerita 'Rama dan Sinta'. SP/ Kasyfi Fahmi

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Lima mahasiswa Universitas Surabaya (Ubaya) bangunkan kembali kisah Ramayana. Cerita 'Rama dan Sinta' jadi makin menarik dan menyenangkan lewat permainan kartu atau card game. Jumat (15/01/2021).

Card game yang dinamai Renjana, diambil dari bahasa Sanskerta yang artinya perasaan yang mendalam, menggambarkan rasa cinta Rama dan Sinta. Renjana merupakan produk hasil rancangan dan buatan Mahasiswa lintas disiplin ilmu yang tergabung dalam mata kuliah Kewirausahaan dan Inovasi Ubaya, yaitu Felicia Budijanto, Sari Fadia Izwari, dan Yudith Christina dari Fakultas Teknobiologi Ubaya. Sedangkan Bryant William Wong dan Katty Kertomoro dari Fakultas Hukum Ubaya.

Baca Juga: Gandeng UBAYA, Dindik Kabupaten Mojokerto Gelar Peningkatan Kapasitas bagi Pendidik Anak Usia Dini

Felicia Budijanto menyampaikan, dirinya bersama anggota yang lain termotivasi dengan adanya tugas Kewirausahaan dan Inovasi Ubaya untuk membuat suatu kreasi baru dan masih jarang dibuat bisnis di masyarakat. Ide awal pembuatan card game muncul dari hobi beberapa anggota kelompok yang senang bermain board game. Namun, berdasarkan hasil survei menunjukkan jika masyarakat cenderung lebih banyak memilih card game karena dianggap lebih praktis untuk dimainkan serta diproduksi.

Baca Juga: Pemkot Gandeng Enam Perguruan Tinggi Kembangkan Potensi Surabaya

“Setelah menentukan jenis produk bisnis, kami mulai mencari tema apa yang akan diusung dalam permainan kartu ini. Akhirnya kami sepakat untuk menceritakan kembali kisah Ramayana beserta tokoh-tokohnya yang dikemas lebih menarik secara visual serta dapat dimainkan bersama-sama,” ucap Felicia.

Satu kotak card game Renjana berisi 51 kartu yang terdiri dari 6 kartu pemeran, 24 kartu jalan, 18 kartu aksi (action card), dan 3 kartu target. Selain itu, ditambah lagi dengan adanya kertas panduan cara bermain dan informasi mengenai watak tokoh pewayangan dalam permainan. Produk Renjana ini dibanderol dengan harga Rp. 40.000 per kotaknya. Felicia Budijanto mengatakan jika dirinya dan anggota yang lain memiliki keinginan untuk terus melanjutkan bisnis ini dan mengembangkan produk Renjana agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Baca Juga: Polrestabes Surabaya Gandeng Ubaya Gelar Vaksinasi Massal

“Tujuan kami adalah bisa mengisahkan kembali cerita rakyat pewayangan di Indonesia dengan kreasi baru yang dapat diterima oleh generasi milenial saat ini. Kami berusaha untuk terus berkembang dan mencari market yang tepat guna memasarkan produk Renjana,” pungkasnya. mbi

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU