•   Senin, 17 Februari 2020
Pendidikan

UPH Ajak Siswa SMA Kritis Terhadap Isu

( words)
Para peserta dari SMA sederajat pasa saat mengikuti Law Debate Competition di Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya. SP/Iker


SURABAYA PAGI, Surabaya - Kembangkan skill bagi para siswa-siswi dalam debat, Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Hukum Universitas Pelita Harapan (UPH) Surabaya adakan Law Debate Competition. Mengangkat isu-isu hukum cyber, acara ini diikuti oleh Siswa-siswi SMA sederajat dari beberapa sekolah di Jawa Timur.

Matthew Nathaniel selaku ketua acara LDC UPHS mengungkapkan bahwa di tahun ini skala peserta lebih luas, yang sebelumnya hanya diikuti oleh SMA dari Surabaya dan Sidoarjo kini diikuti dari beberapa daerah seperti, Surabaya, Malang, Jember, Bojonegoro dan sekitarnya.

"Jadi lomba ini merupakan lomba debat antar SMA yang membahas isu-isu hukum menggunakan bahasa indonesia. Untuk meningkatkan kesadaran hukum dan juga mengajak para siswa/siswi SMA untuk kritis terhadap isu-isu hukum yang berkembang di masyarakat," kata Matthew.

Sekolah-sekolah yang mengikuti debat kali ini, diantaranya, SMA St. Maria Surabaya, SMAK. St. Albertus Malang, St Maria Surabaya dan beberapa perwakilan sekolah lainnya. Matthew menambahkan meski peserta masih tingkat SMA namun mereka sudah menguasai tema dan sudah bisa menyebutkan dasar hukumnya.

"Jadi untuk tema meskipun peserta masih level SMA tetapi mereka sudah menguasai tema yang dibahas kali ini dan sudah bisa menyebutkan dasar hukumnya," imbuh Matthew.

Dengan adanya Law Debate Competition, para siswa/siswi dapat meningkatkan kemampuan skill berbicara, dan percaya diri. Kedepannya kegiatan ini akan dilakukan sebagai agenda tahunan. Iker

Berita Populer