Wabup Jember: Kartu Tani Perlancar Distribusi Pupuk Bersubsidi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 03 Sep 2020 13:34 WIB

Wabup Jember: Kartu Tani Perlancar Distribusi Pupuk Bersubsidi

i

Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief di sela-sela penyerahan Kartu Tani di Kecamatan Puger. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Jember - Wakil Bupati Jember Abdul Muqit Arief menyebut, kebijakan Pemkab Jember menghadirkan Kartu Tani di tengah sulitnya ketersediaan pupuk bersubsidi sangat membantu.

Abdul Muqit menyoroti kelangkaan pupuk bersubsidi akibat praktik tidak terpuji oknum-oknum terhadap pendistribusian pupuk bersubsidi yang akibatnya menyengsarakan para petani. "Para oknum itu membeli pupuk sekian ratus ton, lalu mengambil keuntungan dengan menjual pupuk tersebut kepada orang lain. Alhasil, petani tidak mendapatkan jatah pupuk," ungkapnya.

Baca Juga: Puluhan Warga di Jember Diduga Keracunan Takjil Massal yang Dibagi-bagikan di Jalan

Pengadaan puluhan ribu Kartu Tani itu diyakini bisa memperlancar pendistribusian pupuk bersubsidi di Kabupaten Jember. "Melalui Kartu Tani, Pemkab Jember berharap ada perubahan yang lebih baik," ujarnya, saat membagikan Kartu Tani di Kecamatan Puger.

Baca Juga: Takut Tersaingi di Pilbup, Sejumlah Oknum Rusak Gambar Gus Fawait di Jember

Dengan adanya Kartu Tani, Abdul Muqit berpesan agar petani bisa memanfaatkan 'kartu sakti' tersebut sebaik-baiknya. Selain untuk membeli pupuk bersubsidi, Kartu Tani juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan kredit usaha rakyat atau KUR. "Jika sudah membeli pupuk bersubsidi, gunakan pupuknya dengan baik jangan sampai diperjualbelikan," tandasnya.

Abdul Muqit mengimbau agar para petani yang belum mendapatkan Kartu Tani segera mendaftarkan diri melalui kecamatan, kelompok tani, atau gabungan kelompok tani (gapoktan). "Dengan begitu, semua petani bisa memilik Kartu Tani dan menikmati manfaatnya sama-sama," ujarnya. Dsy12

Baca Juga: Pedagang Domba dan Sapi seluruh Jember dukung Gus Fawait Maju Calon Bupati

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU