Warga Banyu Urip Surabaya Bentuk Kampung Tangguh.

Warga RT 03/RW 05 Kelurahan Banyu Urip, Kecamatan Sawahan, Surabaya menyatukan kekompakan dalam menjaga keamaan lingkungan mereka melalui ronda malam.SP/TYAN

SURABAYAPAGI, Surabaya - Selain mendukung program Pemerintah Kota Surabaya, dimana keamanan dimulai baik dari dalam lingkungan tempat tinggal penduduk itu sendiri maupun keamanan secara keseluruhan di luas wilayah daerah.

Tentunya, itu semua harus dimulai dari kekompakan masyarakatnya untuk menciptakan kenyamanan. Gotong royong, nama inilah yang selalu tertanam dan terus terjaga dalam budaya setiap daerah.

Berawal dari nama tersebut, warga RT 03/RW 05 Kelurahan Banyu Urip, Kecamatan Sawahan, Surabaya kembali menyatukan kekompakan dalam menjaga keamaan lingkungan mereka melalui ronda malam.

Dengan menyusun jadwal terperinci melibatkan seluruh ketua RT masing-masing dan keluarga setempat agar pada tiap malamnya, ronda malam ini terus kembali berjalan sesuai jadwal yang telah menjadi kemufakatan bersama.

“Ronda malam ini kita lakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di lingkungan kita ini, jadi kita buat jadwal rutin penjagaan ronda malam,” ujar ketua RT 03 Yoyok.

Sementara koordinator Sugeng Herminanto, mengatakan, masalah keamanan lingkungan jadi salah satu hal yang disorot pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

"Demi meningkatkan keamanan lingkungan sekaligus antisipasi dari hal-hal yang tak diinginkan, kegiatanronda malam atau rondan wengi mulai dihidupkan kembali di lingkungan masyarakat. Tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ujar Sugeng.

Selai itu jaga jarak memakai masker dan tetap menjaga kebersihan diri, konsumsi makanan maupun minuman yang sehat pun menjadi bagian dari Pelaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang terus digaungkan di masa pandemi ini.

“Berkaitan dengan isu keamanan, banyak kampung yang menggiatkan ronda malam. Saat begadang di malam hari, sebaiknya kita mengonsumsi makanan dan minuman yang bermanfaat untuk membantu menguatkan imunitas tubuh,” kata Sugeng.

Hadir jaga ronda di posko RT 03/RW 05 Kelurahan Banyu Urip: Ketua RT 03 Yoyok Sutono beserta staf, ketua RT 02 Sugeng Herminanto, staf RW 05 Abdul Malik, warga RT 05 dan anggota Linmas. Tyn