•   Minggu, 8 Desember 2019
SGML

Warga Bisa Akses Penghitungan Suara Pilpres dan Partai Melalui Portal KPU

( words)
MH. Fatkhur Rohman selaku divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas KPU Lamongan saat melakukan sosialisasi cara mencoblos dalam acara RUN Pemilu 2019. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Persiapan untuk pemungutan suara pada 17 April mendatang terus dimatangkan oleh KPU Lamongan. Terbaru, penyelenggara pesta demokrasi 5 tahunan ini sudah mencoba server Sistem Perhitungan (Situng), yang selanjutnya hasil perolehan suara bisa diakses langsung oleh masyarakat melalui portal resmi KPU.

Hanya saja perolehan suara yang bisa diakses, seperti disampaikan oleh MH. Fatkhur Rohman selaku divisi Sosdiklih, SDM dan Parmas KPU Lamongan, Senin (8/4/2019), hanya suara hasil pemilihan presiden dan wakil presiden, serta suara partai politik.

Perolehan suara itu kata Fatkhur, bisa diakses mulai tanggal 18-21 April, setelah proses rekapitulasi di tingkat desa selesai. "Kita hanya dikasih waktu empat hari untuk menscan C1 pileg dan Pilpres yang disetorkan oleh jajaran penyelenggara pemilu di tingkat bawah," ungkapnya.

Prosesnya kata Fatkhur, C1 pileg dan Pilpres itu discan, kemudian mengimput angka perolehan suara bersamaan, sehingga hasil pemungutan dan penghitungan suara dapat diakses warga di Portal KPU, hanya untuk perolehan suara pilpres dan suara partai.

"Untuk suara calon legislatif nanti ada program Aplikasi situng Agregator formatnya pakai exel, tidak bisa langsung diketahui seperti suara pilpres dan partai, sambil menunggu selesainya penghitungan suara ditingkat bawah," akunya.

Sebelumnya terkait Server Situng ini, KPU Lamongan sudah melakukan simulasi tahap pertama dan akan melakkan simulasi lagi, tahap kedua.

"Kita telah melakukan simulasi situng tahap pertama sudah kita lakukan pada pertengahan Maret lalu dengan target nasional 25 persen, dan kali ini merupakan tahap kedua dengan target 50 persen dan 10 April kami targetkan sudah 100 Persen," terangnya.

Simulasi situng ini lanjutnya, dipersiapkan dan memastikan formulir C dan C1 ini semuanya sudah terisi oleh lima jenis pilihan. Begitu juga terkait entri formulir C dan C1 di Kabupaten Lamongan ini. Target 50 persen insya Alloh tercapai.

Di sisi lain, Fatkhur juga menjelaskan terkait operator petugas situng, akan disedikan ruangan khusus di KPU Lamongan. Mereka akan fokus untuk tugasnya mengentri data ke aplikasi.

“Operator atau petugas entri ini sebanyak 25 orang. Sementara untuk durasi entri kami memastikan dengan target 4 hari sudah bisa selesai dan bisa diketahui hasil perhitungan suara secara keseluruhan hingga di masing masing TPS,” ujar Fatkhur menjelaskan.

Upaya lain juga sudah dilakukan oleh KPU, salah satunya memastikan situng tidak terkendala gangguan signal dan listrik padam. “Agar server Situng tidak menemui kendala, maka diantaranya kita melakukukan antisipasi kekuatan jaringan internet dan dalam hal ini kita akan berkordinasi dengan Telkom,” terangnya.

Selain itu, tegasnya, KPU Lamongan juga berkordinasi dengan pihak PLN untuk mengantisipasi listik mati atau padam. “Sistem perhitungan suara hasil Pemilu 2019 atau yang disebut situng sendiri sudah disimulasikan oleh KPU Kabupaten Lamongan, hasilnya sudah bagus dan lancar,” ungkapnya. jir

Berita Populer