•   Selasa, 17 September 2019
Bisnis Makro

WeChat Tembus 1 Miliar Pengguna

( words)
Aplikasi WeChat


SURABAYAPAGI.com - Setelah sukses mendominasi China, WeChat mulai melebarkan sayapnya dan sukses menembus satu miliar pengguna.

Aplikasi pesan instan sekaligus jejaring sosial asal China ini telah berhasil menggaet satu miliar pengguna yang tersebar di seluruh dunia, dengan 902 juta diantaranya merupakan user aktif secara harian. Walau jelas pengguna utamanya adalah dari China sendiri.

Selain itu, terdapat kurang lebih 38 miliar pesan terkirim setiap harinya melalui platform yang juga memberikan layanan pembayaran melalui WeChat Pay tersebut.
Tencent sendiri sempat menyebutkan bahwa akun pengguna WeChat memang mengalami pertumbuhan sebesar 15,8% dalam setahun terakhir pada September lalu dari The Verge, Senin (6/3/2018).

Patut diingat, total satu miliar pengguna ini tidak mewakili individu, melainkan jumlah akun, mengingat seseorang bisa memiliki lebih dari satu akun.

Pertumbuhan jumlah akun yang paling pesat datang dari daerah-daerah seperti Asia Tenggara, Eropa, dan Amerika.

Hal ini disebabkan banyaknya masyarakat asal China yang hidup di luar negeri dan membutuhkan aplikasi yang memungkinkan mereka untuk tetap terhubung dengan koleganya di negeri asalnya tersebut.

Hal tersebut dikarenakan dominansi oleh WeChat di China yang tak terlepas dari aksi pemerintah tersebut dalam memblokir sejumlah aplikasi seperti Whatsapp, Line, hingga Facebook Messenger. Sejauh ini, WhatsApp masih aplikasi messaging nomor satu di dunia dengan pengguna sekitar 1,5 miliar. (dt/cr)

Berita Populer