•   Senin, 18 November 2019
Ekonomi China

Wilayah-Wilayah Ini Jadi Percontohan Reformasi BUMN Komprehensif China

( words)
Pengunjung yang sedang menikmati kemegahan kota Shanghai China SP/Sngltyb


SURABAYAPAGI.com - China telah meluncurkan reformasi komprehensif aset milik negara dan badan usaha milik negara (BUMN). Daerah yang ditunjuk sebagai percontohan yakni, Shanghai, Shenzhen dan Shenyang,

Ketiga kota tersebut diharuskan melakukan reformasi dengan prioritas yang berbeda dan menawarkan ruang kepala kebijakan untuk menggabungkan desain sistem tingkat atas dengan inovasi tingkat primer untuk menempa momentum reformasi maksimum.

Pada reformasi percontohan Shanghai akan memfokuskan pada peningkatan manajemen aset negara, memperlengkapi kembali manajemen modal resmi milik negara dan merangsang motivasi diri karyawan BUMN.

Shenzhen akan memusatkan reformasi pada peningkatan efisiensi modal milik negara dan meningkatkan vitalitas BUMN sambil berfokus pada membangun sistem manajemen aset milik negara dan mekanisme manajemen perusahaan milik negara yang memenuhi persyaratan ekonomi pasar sosialis.

Bagi Shenyang, reformasi terutama tentang merevitalisasi basis industri lama Tiongkok timur laut, perombakan kepemilikan campuran yang cepat dan stabil dan vitalitas yang lebih kuat serta resistansi risiko ekonomi yang dimiliki negara.

Pada tahun 2022, area-area tersebut diharapkan menjadi "tempat tinggi" dari reformasi, yang akan menampilkan kepemimpinan yang kuat dari Partai Komunis China, supervisi yang sangat efisien, BUMN yang berenergi penuh, dan implementasi menyeluruh dari strategi nasional, Negara Komisi Pengawasan Aset dan Administrasi (SASAC) milik Dewan Negara mengatakan.

Dari 2013 hingga 2018, total aset perusahaan di bawah pengawasan SASAC melonjak dari 85,4 triliun yuan (sekitar 12,4 triliun dolar AS) menjadi 180,7 triliun yuan, dengan tingkat pertumbuhan tahunan 16,2 persen. Selama periode itu, keuntungan gabungan mereka melonjak dari 2,2 triliun yuan menjadi 3,4 triliun yuan tahun lalu, rata-rata pertumbuhan tahunan 9,3 persen.

Berita Populer