•   Jumat, 21 Februari 2020
Peristiwa Internasional

Woow!, Remaja 16 Tahun Juarai Piala Dunia E-Sport Fortnite

( words)
Giersdorf (16), Pemenang Fortnite World Cup SP/Rpb


SURABAYAPAGI.com – Tak disangka-sangka, pertandingan video game online dunia pada turnamen Fortnite World Cup 2019 di New York, Amerika Serikat telah dimenangkan oleh seorang bocah berusa 16 tahun.

Giersdorf, anak berusia 16 tahun dari Pennsylvania adalah salah satu dari setidaknya 100 pemain yang bersaing untuk mendapatkan hadiah uang total US$ 30 juta.

Bermain dengan nama "Bugha," Giersdorf memenangkan di final tunggal Piala Dunia Fortnite dengan mencetak 59 poin, unggul 26 lebih dari pesaing terdekatnya "mazmur," menurut Fortnite World Cup Leaderboard, diposting di situs web permainan.

Meski gagal meraih Victory Royale (sebutan untuk pemenang dalam Fortnite) di game selanjutnya, Bugha tetap tampil agresif dan mampu masuk dalam lima besar di tiap babak. Ia pun keluar sebagai pemenang meninggalkan kompatriotnya, Psalm, yang hanya mengumpulkan 33 poin.

"Kata-kata bahkan tidak bisa menjelaskannya. Saya sangat senang," kata Giersdorf dalam wawancara di acara di Stadion Arthur Ashe di Queens, New York, yang diposting oleh penyelenggara di Twitter.

Bugha yang mampu menjuarai kompetisi Fortnite World Cup 2019 menjadi bukti nyata bagaimana karir di game eSports sangat menjanjikan bila mampu ditekuni dengan baik. Bahkan tidak mungkin jika nantinya penghasilan atlet eSports akan melebih penghasilan para atlet olahrara konvensional seperti sepakbola maupun basket.

Diluncurkan pada tahun 2017, popularitas Fortnite telah membantu Epic Games mencapai penilaian US$ 15 miliar tahun lalu. Permainan ini bersaing dengan gim lain seperti Apex Legends Electronic Arts Inc dan PlayerUnknown’s Battlegrounds dari Tencent Holdings Ltd. Tencent juga memiliki 40% saham di Epic Games.

Pendapatan global dari esport diprediksi akan mencapai US$ 1,1 miliar di tahun 2019, naik 27% dari tahun lalu. Lonjakan itu diperoleh berkat peningkatan pendapatan dari iklan, sponsor, dan hak media, menurut sebuah laporan yang dirilis awal tahun ini.

Secara keseluruhan, pasar video global dan permainan elektronik, tidak termasuk pendapatan dari esports, akan menghasilkan US$ 152,1 miliar pada tahun 2019, naik 9,6% dibanding tahun lalu, menurut sebuah laporan oleh perusahaan analisis game Newzoo.

Berita Populer