•   Sabtu, 7 Desember 2019
Peristiwa Politik

Wujudkan Pembaruan, PKB-PDIP Lamongan ’Berkoalisi’ Hadapi Dinasti

( words)
H. Sholahuddin dan Sa’im mengepalkan tanggan saat menghadiri acara Silaturrahim dan konsolidasi pemenangan di Pilkada 2020. FOTO:SP/MUHAJIRIN KASRUN


SURABAYA PAGI, Lamongan - Tekad mewujudkan pembaruhan di Lamongan, dua partai besar PKB dan PDIP sepakat berkoalisi dalam Pilkada 2020 menghadapi politik dinasti.

Sinyal kuat dua partai yang mempunyai basis pendukung setia diakar rumput ini akan berkoalisi, diperlihatkan oleh petinggi partai saat hadir dalam acara Silaturrahim dan Konsolidasi pemenangan Kaji Sholahuddin di PP Mathoilul Anwar Simo Sungelebak Karanggeng Lamongan, Jum’at (15/11/2019).

Bahkan dua partai ini memang sebelumnya oleh Grassroots diminta untuk berkoalisi, karena selain punya basis massa yang jelas, ideologi partai ini cocok untuk memimpin Lamongan yang selama ini dianggap belum mempresentasikan atau mewakili masyarakat Lamongan.

"Ini adalah pertemuan pra koalisi antara PKB dan PDI Perjuangan, untuk bekerja sama dan berikhtiar untuk mewujudkan bupati impian masyarakat Lamongan," kata ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan, Saim.

Saim menuturkan, dalam pertemuannya ini, dua partai belum memutuskan nama-nama kandidat yang akan diusung untuk memuluskan langkah untuk meraih impian punya bupati dari luar lingkaran dinasti.

Pertemuan pra koalisi ini, kata Saim, membahas kemungkinan kerjasama antara PKB dan PDI Perjuangan dalam Pilkada 2020 mendatang. "Pertemuan pra koalisi, untuk membahas kemungkinan kerjasama antara kedua belah pihak," jelasnya.

Hanya saja, Sa’im enggan membeberkan detail pertemuan yang dinamai pertemuan pra koalisi yang dilaksanakan usai salat Jumat tersebut. "Nanti pada saatnya akan kami beritahukan," tandasnya.

Pertemuan pra koalisi antara PKB yang adalah partai pemenang pemilu di Lamongan dengan PDI Perjuangan yang memperoleh 8 kursi di DPRD Lamongan ini sebelumnya telah diisyaratkan oleh Ketua DPD PDI Perjuangan Jatim, Kusnadi saat menjadi pemateri pada acara dialog kebangsaan yang digelar DPC PDIP Lamongan di salah satu rumah makan di jalan Pahlawan Lamongan.

"Membicarakan daerah-daerah mana yang bisa dikerjasamakan termasuk membahas Lamongan dengan tanpa menyebut nama karena itu adalah otoritas partai masing-masing," terang Kusnadi ketika itu.

Sebelumnya Deddi Nordiawan putra sulung bupati Lamongan H Fadeli, secara resmi mengembalikan formulir ke DPC Partai Gerindra pada Rabu (13/11/2019).

Dengan dikembalikannya formulir itu ke partai besutan Prabowo Subianto, mala Dosen UI ini resmi mencalonkan diri sebagai Bakal Calon Bupati (Bacabup) untuk bersaing dengan 5 tokoh yang sebelumnya telah menyatakan resmi mendaftar.

Ke lima tokoh yang mendaftar sebagai Bacabup dari partai Gerindra diantaranya, Yuhronur Efendi, H. Suhandoyo, H. Sholahuddin, Deddi Nordiawan, dan Hj Kartika Hidayati.jir

Berita Populer