•   Minggu, 26 Januari 2020
Peristiwa Nusantara

Wujudkan Smart City, Kemendagri Siapkan 4 Strategi

( words)
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.


SURABAYA PAGI, Jakarta - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) tawarkan empat strategi untuk mendorong pembangunan kota cerdas di Indonesia melalui program Gerakan Menuju 100 Smart City 2019.
Gerakan Menuju 100 Smart City program pendampingan dan pengembangan kabupaten kota dalam menyusun rencana menjadi kota cerdas, yang dilaksanakan sejak 2017 dan 2018.
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, menjelaskan pemerintah pusat khususnya Kemendagri telah mempersiapkan empat strategi sebagai upaya mewujudkan kota cerdas di 100 kabupaten kota di Indonesia.
"Pertama adalah mendorong penerapan sistem informasi dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah baik dari sisi perencaan maupun dari sisi penganggarannya," ujar Tjahjo, Rabu (15/5/2019), dalam acara pembukaan Gerakan Menuju 100 Smart City 2019, di Hotel Santika Premiere, Jakarta.
Strategi kedua, lanjut Tjahjo, adalah penyusunan Peraturan Daerah (Perda) terkait rencana pembangunan smart city yang berkelanjutan.
Selain itu, pihaknya juga menyusun strategi perencaan pembangunan kota dengan membuat analisis komprehensif berbasis data dan informasi yang update dan akuntabel.
Strategi selanjutnya adalah mendorong pemerintah kabupaten kota untuk mempercepat penyelesaian Perda mengenai rencana tata ruang daerah dalam rangka mendukung perkembangan kota cerdas.
"Ini hal yang paling penting mengenai tata ruang. Perdanya harus dipersiapkan oleh pemerintah kota dan kabupaten yang ada," jelasnya.
Menurut Tjahjo, inti dari smart city tidak hanya membangun dan mempelopori daerah agar menjadi kota cerdas, tetapi juga menjadi kota yang berprestasi.
Untuk itu, dirinya mengimbau kepada kepala daerah agar segera mengambil langkah-langkah yang strategis. Demi terlaksananya pengembangan kota cerdas di 100 kabupaten kota yang ada di seluruh Indonesia.n jk/01

Berita Populer