•   Senin, 16 Desember 2019
Ekonomi China

Xi: China Siap Capai Kemakmuran Bersama Brasil

( words)
Presiden Cina Xi Jinping dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro. SP/Xnh


Brasilia - Presiden Cina Xi Jinping mengatakan pada hari Rabu bahwa China sepenuhnya percaya diri dalam kerja sama China-Brasil dan siap untuk mencapai kesejahteraan bersama dengan Brasil.

Xi membuat pernyataan itu ketika bertemu di sini dengan Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Selain itu, Xi mengatakan konsensus yang dicapai oleh kedua belah pihak sedang dilaksanakan secara aktif.

Pada Ekspo Impor Internasional China (CIIE) kedua yang baru saja selesai, volume transaksi bisnis Brasil tumbuh 3,6 kali dibandingkan dengan pada CIIE pertama tahun lalu,” kata Xi, menyebut hasilnya memuaskan.

Sebagai negara pasar berkembang terbesar di belahan bumi timur dan barat, berturut-turut, kata Xi, Cina dan Brasil memiliki kepentingan bersama yang luas.

Tiongkok optimis tentang prospek pembangunan Brasil dan sepenuhnya percaya diri dalam kerja sama bilateral, kata Xi, seraya menambahkan bahwa Cina siap berbagi pengalaman dan hasil pembangunan dengan Brasil, sehingga mencapai kesejahteraan bersama.

Xi menyatakan kesediaan untuk bekerja dengan Bolsonaro untuk memahami dan memandu arah pengembangan hubungan China-Brasil dengan benar.

China dan Brazil adalah negara utama dan kedua belah pihak harus mempertahankan fokus strategis, mematuhi rasa saling menghormati, memperlakukan satu sama lain secara setara, memperkuat pertukaran dan mempererat rasa saling percaya, tegas Xi.

Dia mendesak kedua belah pihak untuk membuka pasar satu sama lain dan mencari cara untuk membangun saluran pasokan jangka panjang, stabil dan langsung untuk produk-produk dasar, termasuk produk pertanian, bijih besi dan minyak mentah.

China mendukung perusahaannya untuk secara aktif berpartisipasi dalam pembangunan infrastruktur Brasil untuk mempromosikan konektivitas, kata Xi.

Berita Populer