Zona Kuning, Kota Blitar Himbau Tetap Tingkatkan Prokes

author surabayapagi.com

- Pewarta

Senin, 02 Nov 2020 09:03 WIB

Zona Kuning, Kota Blitar Himbau Tetap Tingkatkan Prokes

i

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Blitar Didik Djumiadi. SP/ JT

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Wabah Covid-19 Per bulan Oktober akhir sudah banyak daerah di Jawa Timur yang sudah mulai memasuki zona oranye dan kuning. Salah satunya termasuk Kota Blitar yang berhasil bertahan di zona kuning (risiko rendah) pada zonasi penularan Covid-19. Keberhasilan ini setelah dalam sepekan terakhir hanya tercatat 11 kasus konfirmasi positif di Kota Blitar, Senin (02/11/2020).

Hal tersebut di paparkan oleh Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Blitar Didik Djumiadi, bahwa status zona kuning ini bisa dipertahankan jika kasus konfirmasi  tidak lebih dari 13 dan angka kematian tidak lebih dari 1.

Baca Juga: Ugal-ugalan di Jalan, 4 Pelajar di Kota Blitar Terlibat Kecelakaan Beruntun Tragis

“Perubahan zona itu setiap pekan. Sementara indikatornya adalah kasus kematian tidak lebih dari 1. Lalu tambahan kasus positif tidak lebih dari 13," jelas Didik.

Menanggapi itu, Pemkot Blitar berharap masyarakat tidak lengah meski telah berstatus zona kuning. Masyarakat tetap diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan semakin optimal dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes), agar zona kuning dapat ditingkatkan menuju zona hijau.

“Kewaspadaan dan ketaatan terhadap protokol kesehatan harus terus ditingkatkan dan dioptimalkan agar Kota Blitar bisa segera masuk ke zona hijau,” tegasnya. 

Baca Juga: Masuk 10 Proyek Strategis, Revitalisasi Pasar Ikan Hias Kota Blitar Telan Rp 2 Miliar

Pemkot Blitar saat ini akan mulai menargetkan untuk menuju zona hijau yang aman dari wabah Covid-19. Terlebih Pemkot telah mewacanakan akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka bagi siswa SD dan SMP. Sehingga kedisiplinan terhadap protokol kesehatan harus terus menerus ditingkatkan. 

“Seluruh elemen di Kota Blitar harus bekerjasama untuk memutus mata rantai penularan Covid-19,” pungkasnya. 

Baca Juga: Warga RI Wajib Nyoblos, 420 ODGJ di Kota Blitar Masuk DPT Pemilu 2024

Sekedar diketahui, hingga Minggu, 1 November 2020, jumlah kasus kumulatif Covid-19 di Kota Blitar sebanyak 186. Dari jumlah tersebut sebanyak 166 orang dinyatakan sembuh dan 6 orang dilaporkan meninggal dunia. dsy5

 

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU