Minum Air 8 Gelas Tiap Sehari Turunkan Risiko Gagal Jantung

surabayapagi.com
Rutinitas menyehatkan minum air 8 gelas dalam sehari. SP/ SBY

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Rutinitas minum air putih delapan gelas sehari selain meyehatkan tubuh nyatanya juga mampu menurunkan risiko gagal jantung 25 tahun kemudian. Hal tersebut sesuai dengan hasil studi terbaru yang dipresentasikan pada 24 Agustus di European Society of Cardiology Congress 2021.

"Menjaga hidrasi tubuh dengan baik dapat memperlambat atau bahkan mencegah perubahan di dalam jantung yang menyebabkan gagal jantung," kata penulis studi Natalia Dmitrieva, seorang peneliti di National Heart, Lung, and Blood Institute, bagian dari National Institutes of Health (NIH) di Bethesda, Maryland, Selasa (31/8/2021).

Baca juga: Masuki Masa Tua, Pemkab Madiun Ajak Lansia Terapkan Pola Hidup Sehat dan Mandiri

National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine merekomendasikan jumlah minum untuk pria adalah 15,5 gelas (3,7 liter) dan untuk perempuan 11,5 gelas (2,7 liter) per hari.

"Itu semua termasuk minuman apapun, tidak hanya air putih, bahkan makanan yang mengandung cairan," tambah laporan tersebut.

Baca juga: Musim Penyakit Pancaroba, Dinkes Madiun Imbau Tingkatkan Kesiapsiagaan

Untuk mengukur apakah tubuh Anda cukup terhidrasi atau tidak, peneliti menggunakan pengukuran kadar natrium dalam tubuh. Jadi, jika semakin kecil kadar natrium, maka tubuh Anda cukup terhidrasi , dan jika kadar natrium dalam tubuh tinggi artinya Anda butuh banyak air.

"Tes ini merupakan bagian dari pemeriksaan darah rutin tahunan," jelas Maria Mountis, ahli jantung dan spesialis gagal jantung di Klinik Cleveland di Ohio, yang tidak terlibat dalam studi.

Baca juga: Cegah Kanker Serviks, Pemkot Mojokerto Libatkan Organisasi Wanita dalam Gerakan Skrining IVA

"Kami menggunakan ini bersamaan dengan penanda laboratorium lain yang melihat fungsi ginjal untuk menilai status hidrasi seseorang," tandasnya. Dsy9

Editor : Redaksi

Ekonomi dan Bisnis
Trending Minggu Ini
Berita Terbaru