Cara Bersihkan Rambut Rontok di Rumah

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 16 Mei 2024 19:19 WIB

Cara Bersihkan Rambut Rontok di Rumah

i

Gumpalan rambut yang rontok di kamar mandi apabila masuk ke saluran air dapat menyebabkan penyumbatan. SP/JAKA

SURABAYAPAGI, Jakarta - Helaian rambut yang jatuh dan menempel di berbagai sudut rumah tentu mengganggu estetika rumah. Seperti melihat debu yang menggumpal, tentu helaian rambut itu perlu dibuang. Selain itu, gumpalan rambut yang rontok di kamar mandi apabila masuk ke saluran air dapat menyebabkan penyumbatan.

Memang penting menjaga kesehatan rambut agar kuat dan tidak mudah rontok. Namun jika terus rontok, melansir dari Apartment Therapy, begini cara membersihkan helaian rambut rontok yang berceceran di rumah.

Baca Juga: Cara Jitu Hemat Tagihan Air di Rumah

1. Rambut Rontok di Area Kering di Rumah
Jika helaian rambut yang rontok tersebar dimana-mana, kamu bisa menggunakan sapu kemudian diarahkan ke satu tempat yang sama, baru dibuang. Jika helaian banyak ditemukan di bahan tekstil, seperti sprei atau sofa, kamu bisa bersihkan dengan sapu lidi terlebih dahulu. Namun, jika kamu memiliki alat penyedot debu, itu lebih instan karena rambut langsung bisa dibersihkan tanpa mengotori tangan.

Baca Juga: Desain Rumah Tapak Jabatan Menteri di IKN


2. Rambut Rontok di Kamar Mandi
Membersihkan rambut di kamar mandi tidak begitu susah, bahkan kamu bisa mencegahnya juga. Saat kamu hendak mandi dan tidak mau keramas, kamu bisa menutup kepala dengan penutup rambut berjaring.
Jika ingin keramas, kamu bisa sisir rambut terlebih dahulu. Cara ini bisa mengurangi jumlah rambut yang rontok. Lalu, tutup lubang saluran air selama mandi agar tidak masuk ke saluran air. Kumpulkan dan buang setelah mandi. Kamu juga bisa menggunakan plastik saat mengambil rambut yang tersangkut di saluran air.

Baca Juga: Tak Kunjung Laku, Rumah Sol Campbell Banting Harga

Setelah itu bersihkan juga bagian penutup saluran air kamar mandi dengan soda kue agar tidak berlumut. Biasanya rambut yang rontok sehabis dikeramas mengandung sabun.
Campurkan secangkir soda kue dengan secangkir cuka. Tuang ke area saluran air. Tunggu selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat untuk membersihkan kotoran yang tertinggal. Hindari penggunaan cairan pembersih yang mengandung asam sulfat karena akan menyebabkan kerusakan pada saluran air.jk/ana

Editor : Mariana Setiawati

BERITA TERBARU