Bupati Bersama Forpimda Blitar Gelar Pertemuan dengan Pengurus Perguruan Silat se Blitar Raya

author Lestariyono Blitar

- Pewarta

Senin, 20 Mei 2024 16:44 WIB

Bupati Bersama Forpimda Blitar Gelar Pertemuan dengan Pengurus Perguruan Silat se Blitar Raya

i

Pertemuan antara Bupati, Forkopimda dengan pengurus perguruan silat di Blitar Raya. SP/Lestariono

SURABAYAPAGI.COM, Blitar - Guna ciptakan wilayah se Blitar Raya damai, aman dan kondusif, Forpimda Kabupaten Blitar gelar pertemuan dengan  pengurus perguruan silat di wilayah se Blitar Raya, pada Senin (20/5) di gedung Rupatama Wicaksana Laghawa Polres Blitar. 

Pertemuan yang dipimpin Kapolres Blitar AKBP Wiwit AdiSatria SH S.IK M.T, Bupati Blitar Hj Rini Syarifah dan Kapolres Blitar Kota Danang Setya Pambudi SH S.IK tersebut dihadiri 21 perwakilan pengurus perguruan, Kasat Intel Polres Blitar dan Polres Blitar Kota, Kepala Kesbang Kab Blitar dan dari Kodim 0808 Blitar, serta Kasat Binmas Polres Blitar/Polres Blitar Kota dan Kominfo Kab Blitar.

Baca Juga: Temukan Uji Kir Mati dan Izin Penyelenggara tak Ada

Dalam kesempatan itu Kapolres Blitar AKBP Wiwit berharap, tidak ada hal hal yang dapat menjadi kota yang tidak kondusif, seperti adanya oknum yang mengaku dari perguruan yang membuat situasi tidak kondusif.

"Seperti gesekan antar perguruan, ingat semua perguruan pencak silat mempunyai tujuan yang baik, bukan untuk membuat kerusuhan, untuk itu kami berharap masing-masing pengurus memberikan himbauan kepada anak asuhnya jangan sampai mudah terprovokasi sehingga timbul gesekan gesekan antar perguruan," tegas AKBP Wiwit Adi Satria.

Perlu diketahui tawuran massa yang mengatasnamakan perguruan silat yang terjadi pada 16 Mei 2024 pukul 20.00 di wilayah Kec Kademangan sehingga timbul korban, setelah dilakukan pemeriksaan dan mengamankan situasi Polres Blitar berhasil mengaman 1 orang pelaku yang kini ditahan dan jalani pemeriksaan.

Sementara Bupati Blitar Hj Mak Rini mengungkapkan, mengingat kejadian beberapa hari lalu  di wilayah Kab Blitar maka perlu dilakukan pertemuan penting seperti hari ini, guna menindaklanjuti kejadian tersebut perlu dilakukan pembinaan bagi generasi muda kita khususnya di sektor Dispora guna menyalurkan bakat masing masing sebagai tunas bangsa kedepannya.

Baca Juga: Kurun Waktu Sepekan, Polres Blitar Kota Bekuk Dua Pelaku Curanmor

"Dengan kemajuan teknologi, saat ini perlu dilakukan edukasi pada masing masing organesasi sehingga tidak mudah terprovokasi atas kejadian waktu lalu,  ini merupakan PR bagi kita semua guna membuat iklim yang kondusif dan sejuk, nyaman di wilayah Blitar Raya," ungkap Mak Rini panggilan akrabnya.

Kapolres Blitar Kota AKBP Danang Setyo Pambudi  menambahkan, bahwa benar saat ini memang terjadi keterbatasan personil sehingga koordinasi atau apapun sifatnya perlu dilakukan, dan sebentar lagi di wilayah Blitar Raya ada beberapa event, seperti haul Bung Karno, karnaval dan menyambut bulan Sura, untuk itu mari jaga Blitar Raya ini betul betul kondusif.

Baca Juga: Polres Blitar Kota Amankan Perayaan Kenaikan Isa Almasih

Sebelum di akhiri pertemuan itu, dilakukan tanya jawab antara beberapa pengurus perguruan silat (PS) yang hadir dengan Forkopimda, seperti yang disampaikan oleh Tugas Nenggolo ketua PSHT, bahwa pihaknya sudah bersurat 4 kali, belum ada jawaban dari  pihak pemkab, bahwa ada atlet yang belum bisa gabung di IPSI, hanya mengambil dari luar Kab Blitar, selain itu ada 6 pertanyaan dari pengurus perguruan juga menyampaikan beberapa pertanyaan yang intinya agar ada pembinaan dari pihak terkait termasuk keamanan, agar pertemuan seperti ini bisa dilakukan 2 bulan sesama perguruan, pertanyaan pertanyaan tersebut langsung dijawab dua Kapolres dan Bupati Blitar dengan suasana penuh keakraban.

Terakhir dari pihak Kominfo Kabupaten Blitar, dalam cyber dibentuk guna menjaga situasi media sosial di wilayah Blitar, dan apabila masyarakat mengetahui konten yang berdampak adu domba atau bersifat negatif  dapat menginformasikan konten tersebut untuk ditindak lanjuti guna takedown konten tersebut. Les

Editor : Moch Ilham

BERITA TERBARU