DPW PPP Jatim Telikung Keputusan DPP Soal Rekomendasi Khofifah-Emil Jilid II

author Riko Abdiono

- Pewarta

Selasa, 21 Mei 2024 08:49 WIB

DPW PPP Jatim Telikung Keputusan DPP Soal Rekomendasi Khofifah-Emil Jilid II

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - DPP PPP kecewa berat dengan DPW PPP Jawa Timur akibat membuat keputusan sendiri tanpa soal Pilgub Jawa Timur. Penyerahan rekomendasi DPW PPP terhadap pasangan Khofifah-Emil menjadi polemik di internal partai berlambang Ka'bah itu.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Musyafa' Noer, mengungkapkan rekomendasi yang diberikan kepada Khofifah-Emil untuk pencalonan kepala daerah dinilai tidak sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Baca Juga: Usai Direkom Prabowo, Khofifah-Emil Datangi Kantor Golkar Jatim

"Rekomendasi tersebut melanggar Peraturan Organisasi (PO) No. 13 tahun 2024 tentang pencalonan kepala daerah," tegas Musyafa', Senin 20/5/2024.

Dalam pernyataannya, Musyafa' menyatakan bahwa langkah yang diambil oleh DPW PPP Jatim dalam memberikan rekomendasi tersebut tidak mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dalam PO No. 13 tahun 2024.

Ia menyoroti bahwa proses tersebut tidak memperhatikan mekanisme yang seharusnya dilakukan dalam menetapkan rekomendasi calon kepala daerah.

Selain itu, Musyafak Noer juga menekankan pentingnya menjalankan proses sesuai aturan yang berlaku untuk memastikan keadilan dan keterbukaan dalam proses pemilihan kepala daerah.

"Kejadian yang terjadi di DPW Jatim ini jangan terulang di DPC dan DPW yang lain. Semuanya harus tunduk dan patuh pd PO no.13 tentang pencalonan dan penetapan bakal calon kepala daerah dan bakal calon wakil kepala daerah tahun 2024," bebernya.

Baca Juga: Usai Direkom Prabowo, Khofifah-Emil Datangi Kantor Golkar Jatim

Sebelumnya, DPW PPP Jatim menyerahkan surat rekomendasi langsung kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak untuk maju dalam Pilkada 2024, Sabtu Malam (18/5/2024).

Keputusan tersebut dipandang sebagai langkah berani oleh sebagian, sementara lainnya mengkritiknya sebagai tindakan terburu-buru.

Penyerahan rekomendasi dilakukan di kantor DPW PPP di Surabaya dengan kehadiran sebagian pengurus DPC PPP dari beberapa daerah, termasuk Surabaya, Bangkalan, dan Probolinggo.

Persiapan acara tersebut pun dilakukan singkat. Namun, Ketua DPW PPP Jatim, Mundjidah tetap berdalih bahwa pengurus DPC tetap kompak dalam menyelenggarakan acara tersebut.

Baca Juga: Duet Khofifah-Emil, Digoyang PDIP

"Walaupun ini waktunya sangat singkat tapi DPW PPP satset-satset, cakcek-cakcek luar biasa datang semua dari Bangkalan hadir, dari Probolinggo hadir semua. Ini kekompakan kita ibu dari DPW PPP Jatim, walaupun nanti sebetulnya kita akan adakan undangan seluruh Jatim," ucapnya.

Mundjidah menjelaskan bahwa penyerahan rekomendasi dilakukan secara langsung kepada calon yang diusung lebih dulu sebelum dilaporkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Namun, secara administratif, rekomendasi tersebut akan diajukan ke DPP setelah acara penyerahan tersebut. Dia juga menginstruksikan seluruh kader PPP Jatim untuk berkerja dan mengawal kemenangan Khofifah serta Emil di Pilgub Jatim 2024. rko

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU