Home / Opini : Opini Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Kepemimpinan Luchman Sanjaya S.STP, M.HP. Bangun Transformasi Pelayanan Publik di Kecamatan Candi

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 11 Jul 2024 09:40 WIB

Kepemimpinan Luchman Sanjaya S.STP, M.HP. Bangun Transformasi Pelayanan Publik di Kecamatan Candi

i

Arief Dwi Winarko, Mahasiswa Prodi Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. SP/ HIKMAH

SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Camat Candi, Luchman Sanjaya, S.STP, M.HP, telah memimpin Kecamatan Candi sejak Oktober 2021 dengan visi yang jelas dan strategi yang efektif untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pembangunan desa. 

Motto “One Day Service” yang diusungnya mencerminkan tekadnya untuk memberikan pelayanan yang cepat dan efisien kepada masyarakat. Camat Luchman Sanjaya menekankan pentingnya pelayanan administrasi yang efisien dan cepat. Dengan motto "One Day Service", beliau memastikan bahwa setiap warga mendapatkan pelayanan yang maksimal tanpa harus berbelit-belit.

Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Visioner Kepala Desa Kalisampurno Selama 6 Tahun

Langkah ini tentunya sangat diapresiasi oleh masyarakat yang selama ini mungkin merasa kesulitan dalam mengurus berbagai keperluan administrasi. Luchman Sanjaya memahami betul bahwa pelayanan administrasi yang baik adalah kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah.

Oleh karena itu, beliau berfokus pada penyederhanaan proses administrasi dan memastikan setiap warga mendapatkan pelayanan yang cepat dan akurat. Langkah-langkah yang diambilnya meliputi peningkatan sistem teknologi informasi untuk mempermudah akses dan mengurangi waktu tunggu dalam pengurusan dokumen.

Luchman Sanjaya memahami betul bahwa pelayanan administrasi yang baik adalah kunci kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah. Oleh karena itu, beliau berfokus pada penyederhanaan proses administrasi dan memastikan setiap warga mendapatkan pelayanan yang cepat dan akurat. Langkah-langkah yang diambilnya meliputi peningkatan sistem teknologi informasi untuk mempermudah akses dan mengurangi waktu tunggu dalam pengurusan dokumen.

Selain fokus pada pelayanan administrasi, Luchman Sanjaya juga bertekad untuk menjadikan semua desa di Kecamatan Candi sebagai desa mandiri. Beliau menginisiasi berbagai program pembangunan yang berorientasi pada kemandirian ekonomi dan sosial masyarakat desa. 

Melalui program-program ini, Luchman mendorong keterlibatan aktif masyarakat dalam setiap tahap pembangunan, sehingga tercipta rasa memiliki dan tanggung jawab bersama terhadap kemajuan desa. Kerja keras dari beliau membuahkan hasil yang membawa semua desa sebanyak 24 menjadi desa mandiri semua.

Baca Juga: Desa Keboan Anom, Sebuah Desa yang Terletak di Wilayah Kecamatan Gedangan

Kedisiplinan dan loyalitas adalah nilai-nilai utama yang selalu dijunjung tinggi oleh Luchman Sanjaya dalam memimpin Kecamatan Candi. Beliau percaya bahwa kedisiplinan adalah kunci utama dalam mencapai efektivitas kerja dan pelayanan yang optimal. Dengan disiplin yang tinggi, setiap pegawai diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Luchman Sanjaya sangat menekankan pentingnya kerja sama dalam penyelesaian tugas-tugas pemerintahan. Dengan pendekatan kolaboratif, beliau mendorong setiap pegawai untuk bekerja secara tim dalam menyelesaikan pekerjaan, sehingga setiap tugas dapat diselesaikan dengan lebih cepat dan efisien. Prinsip kerja sama ini juga menciptakan lingkungan kerja yang harmonis dan saling mendukung.

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja pegawai, Luchman Sanjaya memberikan reward kepada pegawai yang menunjukkan dedikasi dan prestasi dalam bekerja. Penghargaan ini tidak hanya memotivasi pegawai untuk bekerja lebih baik, tetapi juga menciptakan budaya kerja yang kompetitif dan produktif.

Kepemimpinan Luchman Sanjaya sebagai Camat Candi telah membawa banyak perubahan positif dalam pelayanan publik dan pembangunan desa. Dengan fokus pada peningkatan kualitas pelayanan administrasi, pengembangan desa mandiri, penegakan kedisiplinan, kerja sama tim, dan penghargaan bagi pegawai teladan, beliau telah menciptakan lingkungan kerja yang produktif dan pelayanan yang optimal bagi masyarakat. 

Baca Juga: Gaya Kepemimpinan Kepala Desa Kebonsari Selama Dua Tahun

Kecamatan Candi di bawah kepemimpinan Luchman Sanjaya diharapkan terus maju dan berkembang, memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Arief/ man

 

*) Penulis adalah Arief Dwi Winarko, Mahasiswa Prodi Administrasi Publik, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Editor : Desy Ayu

BERITA TERBARU