Agus Cemani Terpilih Menjadi Ketua AKD Kabupaten Mojokerto

Agus Suprayitno alias Agus Cemani, terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Mojekerto, di Gedung DPRD, Jalan RA Basoeni, Sooko, Sabtu (27/2/2021) siang. SP/Dwy Agus Susanti

SURABAYAPAGI.COM, Mojokerto - Agus Suprayitno alias Agus Cemani, Kepala Desa Mojodadi, Kecamatan Kemlagi terpilih secara aklamasi dalam Musyawarah Daerah (Musda) Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Mojekerto, di Gedung DPRD, Jalan RA Basoeni, Sooko, Sabtu (27/2/2021) siang.

Ketua AKD Kecamatan Kemlagi ini mendapat dukungan sebanyak 76 persen suara. Dengan rincian, sebanyak 13 kecamatan memilih dirinya dan 5 Kecamatan tidak menggunakan hak suaranya alias abstain.

Khairur Rozikin, Pjs Ketua AKD Kabupaten Mojokerto yang juga panitia Musda AKD 2021 mengatakan, sebelumnya ada tiga calon yang bakal melenggang dalam bursa pemilihan AKD ini.

"Kemarin calonnya memang ada tiga yakni, Kades Cinandang, Kades Duyung dan Kades Mojodadi. Tapi pas hari pemilihan, hanya tersisa calon tunggal yakni Kades Mojodadi," terangnya di sela acara Musda.

Ia juga menyebut, pencalonan Kades Mojodadi ini sudah memenuhi syarat AD/ART AKD. Diantaranya, harus mendapatkan rekomendasi dari minimal 6 Kecamatan di seluruh Kabupaten Mojokerto.

"Dari 18 Kecamatan, Kades Mojodadi sudah mendapat rekom dari 13 PAC AKD atau 76 persen. Sehingga sudah memenuhi syarat sah pencalonan," jelasnya.

Terpisah, Agus Cemani usai terpilih mengatakan, visi misinya untuk bersinergi dengan pemerintah daerah, provinsi hingga pusat. "Kita samakan pemikiran untuk membangun desa masing-masing. Kita akan berusaha maksimal membentuk SDM kepala desa yang tangguh dan mumpuni," tegasnya.

Menurut Agus, selain memaksimalkan SDM kepala desa, untuk kesejahteraan masyarakat akan meningkatkan UMKM yang sesuai program dan visi misi Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati.

"Kita tindaklanjuti minimal seperti pariwisata, memberdayakan peternakan, termasuk ketahanan pangan. Nanti kita kawal visi misi ibu Bupati Mojokerto dan kita ingatkan demi kesejahteraan pedesaan," tukasnya.

Sementara itu, dari pantauan Surabaya Pagi di lokasi, Musda AKD Kabupaten Mojokerto ini dihadiri Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati dan Pj Sekdakab dan sejumlah Kepala OPD. Dalam sambutannya, Ikfina berharap, sebagai organisasi profesi, AKD bisa guyub rukun untuk bersama-sama memajukan Desa.

"Saya sudah sepakat dengan Gus Barraa, akan memulai pembangunan yang dimulai dari Desa, oleh karena itu kami sangat membutuhkan bantuan dan dukungan rekan-rekan Kepala Desa," terangnya.

Lebih lanjut, Bupati Perempuan pertama di Kabupaten Mojokerto ini menegaskan, kedekatan yang selama ini terjalin dengan kepala desa tak akan berubah meski ia kini sudah dilantik menjadi bupati.

"Jangan berpikir kalau mau ketemu saya akan susah, karena harus melalui ajudan yang berlapis-lapis. Saya pastikan, saya yang akan turun langsung ke desa-desa, karena pembangunan akan dimulai dari Desa dan tak mungkin bisa maju tanpa rekan-rekan Kepala Desa," pungkasnya. Dwy