Puluhan Los dan Bedak Pasar Ketug Kota Pasuruan Dilalap Api

author surabayapagi.com

- Pewarta

Kamis, 05 Nov 2020 14:43 WIB

 Puluhan Los dan Bedak Pasar Ketug Kota Pasuruan Dilalap Api

i

Puluhan los dan bedak di pasar Karang Ketug Kota Pasuruan ludes dilalap api, Rabu (04/11/2020). SP/ Dir

SURABAYAPAGI.com, Pasuruan - Puluhan los dan bedak di pasar Karang Ketug Kota Pasuruan ludes dilalap api. Api membumi hanguskan dua deret los pasar loak yang berisi 82 lapak mayoritas milik pedagang barang bekas. Api juga menghanguskan 10 bedak yang berada disisi utara los pasar loak, Kamis (05/11/2020).

Lima mobil pemadam kebakaran dikerahkan. Butuh waktu sekitar satu jam bagi petugas pemadam kebakaran untuk menjinakan api. Sekitar pukul 20.30 WIB api bisa dikuasai, dan terus dilakukan pembasahan.

Baca Juga: Gudang BBM Mentah di Tuban Terbakar, Total Kerugian Capai Belasan Juta

Menurut Plt. Kepala Pasar se-Kota Pasuruan, Ridho Wijaya,  Api pertama terlihat berkobar di los pasar loak yang berada di sisi selatan- timur pasar Karangketug sekitar pukul 19.15 WIB. "Saya mendapat laporan dari penjaga malam pasar, M. Rafi yang melihat api membesar tidak terkendali. Saya lalu menelepon BPBD, sekitar sepuluh menit kemudian mobil pemadam kebakaran milik BPBD Kota Pasuruan tiba di tempat kejadian kebakaran, " terang Ridho.

Baca Juga: Gegara Sisa Pembakaran Kayu, Pabrik Jajanan Tradisional di Jombang Dilahap Si Jago Merah

Dia menambahkan, sekarang api bisa dikuasi petugas pemadam kebakaran.Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran tersebut. Nilai kerugian masih belum diketahui. Penyebab kebakaran juga masih dalam penyelidikan aparat kepolisian.

Untuk normalisasi kegiatan perdagangan, pedagang akan direlokasi dilahan kosong milik pasar. "Untuk sementara, pedagang akan direlokasi di lahan kosong disebelah timur kantor Pasar Karangketug. Tapi ini hanya usulan saya. Kita tunggu saja, " ucap Ridho.

Baca Juga: Diduga Konsleting Listrik Sebuah Toko Bangunan Ludes Terbakar

Penjabat Sementara Wali Kota Pasuruan Dr. Ardo Sahak, SE., MM., malam itu juga datang dan meninjau langsung ke lokasi kebakaran. Dia berjalan mengelilingi lokasi kebakaran didampingi sejumlah pejabat daerah untuk melihat dari dekat puing-puing bangunan los yang hangus  teronggok ditanah.

"Kami semua prihatin dengan kebakaran ini. Beruntung kejadiannya malam hari sehingga tidak ada korban jiwa. Besok pagi kami akan lakukan  rapat untuk membahas langkah-langkah Pemerintah Kota Pasuruan kedepan. Untuk normalisasi aktifitas kegiatan perdagangan, secepatnya akan kami siapkan tempat relokasi pasar loak. Tapi yang paling penting, malam ini api sudah berhasil dipadamkan dan tidak merembet lebih luas lagi. Untuk menjamin api tidak muncul lagi, satu mobil kebakaran akan stand by di lokasi hingga besok pagi, "kata Dr. Ardo Sahak usai meninjau lokasi kebakaran. Dir

Editor : Redaksi

BERITA TERBARU